Analisis Penerapan JSA (Job Safety Analysis), JHA (Job Hazard Analysis) dan SOP (Standard Operasional Procedure) sebagai Perangkat Keselamatan dan Kesehatan Kerja pada Kegiatan Produksi Pabrik di PT. Sumbar Calcium Pratama, Kecamatan Lareh Sago Halaban, Kabupaten Lima Puluh Kota.

Pradipta, Yudith Anada (2022) Analisis Penerapan JSA (Job Safety Analysis), JHA (Job Hazard Analysis) dan SOP (Standard Operasional Procedure) sebagai Perangkat Keselamatan dan Kesehatan Kerja pada Kegiatan Produksi Pabrik di PT. Sumbar Calcium Pratama, Kecamatan Lareh Sago Halaban, Kabupaten Lima Puluh Kota. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_11_YUDITH_ANANDA_PRADIPTA_17137027_4414_2022.pdf

Download (815kB) | Preview

Abstract

Di PT.Sumbar Calcium Pratama ditemukan beberapa pelanggaran terhadap JSA, JHA dan SOP yang ada. Masih banyak pekerja yang bekerja pada posisi kerja yang berbahaya, penggunaan alat yang kurang aman, dan masih banyak pekerja yang bekerja tanpa menggunakan alat pelindung diri atau APD yang telah disediakan oleh perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran tingkat pengetahuan, sikap, dan tindakan keselamatan dan kesehatan kerja oleh pekerja dalam penerapan JSA (Job Safety Analysis), IHA (Job Hazard Analysis) dan SOP (Standar Operasional Prosedur) sebagai perangkat keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di PT. Sumbar Calcium Pratama, Menganalisis penerapan JSA (Job Safety Analysis) dan JHA (Job Hazard Analysis) pada PT. Sumbar Calcium Pratama, Menganalisis penerapan SOP (Standar Operasional Prosedur) pada PT. Sumbar Calcium Pratama. dalam penelitian ini digabungkan antara teori dengan data lapangan, sehingga hasil yang didapat akan dianalisa untuk selanjutnya dihasilkan suatu rekomendasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan beberapa hal berikut, pertama pada pt. sumbar calcium pratama sudah menerapkan jsa,jha dan sop namun belum maksimal, hasil kuensioner mengenai penerapan JSA, JHA dan SOP, hasil dari kuesioner kegiatan produksi pemumian bagian pengetahuan adalah 82,22% dengan rentang nilai bagus sekali, hasil dari kuesioner kegiatan produksi pemumian bagian sikap adalah 80,83% dengan rentang nilai bagus, hasil dari kuesioner kegiatan produksi pemumian bagian tindakan adalah 83,05% dengan rentang nilai bagus sekali, hasil dari kuesioner kegiatan produksi pabrik bagian pengetahuan adalah 83,34% dengan rentang nilai bagus sekali, hasil dari kuesioner kegiatan produksi pabrik bagian sikap adalah 84, 15% dengan rentang nilai bagus sekali, dan hasil kuesioner kegiatan produksi pabrik bagian tindakan adalah 87,09% dengan rentang nilai bagus sekali.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 09 Nov 2022 02:25
Last Modified: 09 Nov 2022 02:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40958

Actions (login required)

View Item View Item