Efektivitas Pelaksanaan Prakerin di Bengkel Resmi dan Tidak Resmi Terhadap Kompetensi Pengetahuan TDO Siswa pada Bidang Keahlian TKR di SMK Negeri 1 Padang

Candra, Adi (2022) Efektivitas Pelaksanaan Prakerin di Bengkel Resmi dan Tidak Resmi Terhadap Kompetensi Pengetahuan TDO Siswa pada Bidang Keahlian TKR di SMK Negeri 1 Padang. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
A_09_ADI_CANDRA_18073031_3463_2022.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa masalah diantaranya dalam penempatan siswa untuk tempat melaksanakan prakerin yang disebabkan dengan adanya keterbatasan permintaan sehingga dalam penempatan ini sendiri terbagi menjadi 2 (Bengkel Resmi dan Bengkel Tidak Resmi). Sehingga adanya perbedaan yang akan mempengarui pengetahuan dan kemampuan siswa setelah melaksanakan praktik kerja industri baik yang dibengkel resmi atau tidak resmi.Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas siswa SMK Negeri 1 Padang yang telah melaksanakan prakerin di bengkel resmi atau bengkel tidak resmi (bengkel biasa/umum). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode analisis statistik menggunakan rumus uji beda dengan menggunakan t-test. Jumlah populasi siswa sebanyak 80 orang yeng terbagi menjadi 3 kelas (XII TKRO A, B dan C). Namun untuk sampel dari penelitian ini adalah sebanyak 34 orang dari 52 orang yang berasal dari 2 kelas (XII TKRO A dan B). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner (angket) dengan menggunakan skala Linkert dan soal pilihan ganda yang telah teruji validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran.Hasil Penelitian ini didapatkan untuk variabel kompetensi pengetahuan TDO bahwa thitung > ttabel yaitu 4,89 > 2,13. Dan untuk variabel pelaksanaan prakerin di bengkel resmi dan tidak resmi bahwa hasil thitung > ttabel yaitu 19,78 > 2,13. Jika thitung < ttabel maka tidak signifikan (Ho diterima dan Ha ditolak) dan jika thitung > ttabel maka signifikan (Ho ditolak dan Ha diterima). Untuk menjawab hipotesis penelitian dari hasil uji data yang didapatkan bahwa pada hipotesis penelitian Ha yang diterima sedangkan Ho ditolak. Sehingga pada Pelaksanaan Prakerin di Bengkel Resmi Lebih Efektif dari pada di Bengkel Tidak Resmi Terhadap Kompetensi Pengetahuan TDO Siswa Kelas XII Bidang Keahlian TKR di SMK Negeri 1 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Prakerin, Bengkel Resmi dan Tidak Resmi
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 09 Nov 2022 02:25
Last Modified: 09 Nov 2022 02:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40957

Actions (login required)

View Item View Item