Perbandingan Penggunaan Rumah Roller Standard dengan Rumah Roller Modifikasi Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Sepeda Motor Honda Scoopy-FI 2019

Putra, Yudhi Gutama (2022) Perbandingan Penggunaan Rumah Roller Standard dengan Rumah Roller Modifikasi Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Sepeda Motor Honda Scoopy-FI 2019. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_09_YUDHI_GUTAMA_PUTRA_16073025_4611_2022.pdf

Download (695kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan seiring perkembangan jaman masyarakat menginginkan kemudahan dalam berkendara, yang mana sitem transmisipun ikut menyesuaikan perubahan tersebut. Perubahan tersebut dimulai dari pemindahan transmisi dengan kopling manual menjadi pemindahan transmisi dengan kopling otomatis. Sekarang ini, terdapat dua sistem transmisi yang umum, yaitu transmisi manual dan transmisi otomatis. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh rumah roller standard dan rumah roller modifikasi terhadap konsumsi bahan bakar sepeda motor Honda Scoopy-FI 110 cc. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen yang dilakukan pengolahan bahan di bengkel sinar motor padang dan pengujian jalan di Jl. Parak Buruk Kel. Balai Gadang Kee. Koto Tangah, Kota Padang, dengan menggunakan sepeda motor honda scoopy pgm-fi 110 cc 2019, penelitian kosumsi bahan bakar dilakukan dengan memodifikasi rumah roller. Pengambilan data penelitian dilakukan tiga kali pada tiap pengujian, dari data mentah yang didapat saat pengujian selanjutnya diolah dengan melakukan pengujian presentase, dengan tujuan mengetahui berapa besar peningkatan dari konsumsi bahan bakar sebelum diberi dan sesudah diberi perlakuan. Hasil penelitian yang telah dilakukan pada kendaraan sepeda motor scoopy pgm-fi 110 cc, terdapat penurunan konsumsi bahan bakar yang dihasilkan oleh kendaraan dengan memodifikasi rumah roller. Pada rumah roller modifikasi 3 lubang dengan kecepatan 20 Km/Jam rata-rata konsumsi bahan bakar sebesar 0,0273 L. Sedangkan rumah roller standar memiliki rata-rata konsumsi bahan bakar 0,0286667 L. Sehingga rumah roller modifikasi 3 lubang memiliki konsumsi bahan yang lebih irit menggunakan rumah roller modifikasi 3 lubang, dimana konsumsi bahan bakar rumah rumah roller modifikasi 3 lubang lebih irit 4,87 % dibandingkan rumah roller standar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Otomotif S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 08 Nov 2022 07:12
Last Modified: 08 Nov 2022 07:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40946

Actions (login required)

View Item View Item