Upaya Peningkatan Produktivitas Alat Angkut Mercedes-Benz 4043S pada Pengupasan Overburden di Pit Batu Tegak Melalui Perbaikan Jalan Menuju Disposal PT Andalan Artha Primanusa (AAP) site PT Budi Gema Gempita (BGG)

Syafe’i, Syafe’i (2022) Upaya Peningkatan Produktivitas Alat Angkut Mercedes-Benz 4043S pada Pengupasan Overburden di Pit Batu Tegak Melalui Perbaikan Jalan Menuju Disposal PT Andalan Artha Primanusa (AAP) site PT Budi Gema Gempita (BGG). Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_12_Syafe'i_20080066_4354_2022.pdf

Download (675kB) | Preview

Abstract

PT Andalan Artha Primanusa merupakan salah satu kontraktor perusahaan yang bergerak dibidang pertambangan, terletak di Desa Muara Lawai, Kecamatan Merapi Timur , Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatera Selatan. Dalam operasi pertambangan batubara terutama dalam pengupasan overburden masih memiliki sejumlah masalah, salah satunya adalah sering tidak tercapainya produktivitas alat angkut sehingga berpengaruh terhadap target produksi setiap bulannya. Penelitian ini dilakukan di pit Batu Tegak pada fleet 1 yang terdiri dari alat gali muat excavator hitachi Zakis 470LC dan alat angkut Mercedes-Benz 40438. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui nilai produktivitas alat angkut Mercedes-Benz 40438, faktor-faktor menghambat produktivitas alat angkut, serta perbaikan apa saja yang bisa dilakukan untuk meningkatkan Produktivitas alat angkut supaya bisa mencapai target produktivitas alat angkut yang telah ditentukan oleh Departement engineering. Produktivitas yang ditetapkan oleh Department engineering adalah 300 BCM/Jam. Dari hasil analisa penulis, nilai produktivitas alat angkut sebelum perbaikan jalan adalah 210,71 BCM/JAM dan meningkat menjadi 299,7 BCM/Jam setelah dilakukan perbaikan. Hal ini disebabkan masih banyaknya kendala yang mempengaruhi cycle time alat angkut Mercedes-Benz 40438, sehingga target produktivitas alat angkut belum mencapai target 300 BCM/Jam. Adapun faktor yang menyebabkan tidak tercapainya produktivitas alat angkut yaitu adanya alat angkut yang antrean di jalan karena ada alat angkut yang bermuatan overburden mendahului alat angkut batubara dan terdapat beberapa kerusakan di jalan angkut menuju disposal seperti jalan berdebu, jalan menyempit karena terdapat spoil di pinggir jalan, tidak terawatnya drainage, jalan yang rutting, dan permukaan jalan yang bergelombang. Untuk mencapai target produktivitas alat angkut Mercedes-Benz 40438 diperlukan beberapa perbaikan pada kondisi jalan menuju disposal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - D3
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 08 Nov 2022 07:11
Last Modified: 08 Nov 2022 07:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40943

Actions (login required)

View Item View Item