Kontribusi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Pembangunan Laboratorium UNP

Almi, Robby (2022) Kontribusi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_ROBBY_ALMI_15016022_5721_2022.pdf

Download (467kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi siswa kelas X SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Pemmbangunan Laboratorium UNP. Ketiga, mendeskripsikan kontribusi keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Pembanungan Laboratoriu UNP. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain kontribusi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Pembangunan Laboratorium UNP yang terdaftar pada tahun ajaran 2022/2023, yaitu sebanyak 158 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan proportional random sampling 25% dari populasi, yaitu 40 orang siswa. Data penelitian ini berupa skor hasil tes keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi dan skor hasil tes keterampilan menulis teks eksposisi. Data tersebut diperoleh melalui dua jenis tes yaitu tes objektif untuk mengukur keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi dan tes unjuk kerja untuk mengukur keterampilan menulis teks eksposisi. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi siswa kelas X SMA Pembangunan Laboratoriumm UNP berada pada kualifikasi baik (B) dengan nilai rata-rata 79,39. Kedua, keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Pembangunan Laboratorium UNP berada pada kualifikasi baik (B) dengan rata-rata 80,23. Ketiga, terdapat kontribusi keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Pembangunan Laboratorium UNP Panjang sebesar 76,39%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi berkontribusi sebesar 76,39 % terhadap keterampilan menulis teks eksposisi. Semakin baik keterampilan membaca pemahaman teks eksposisi (X) akan semakin baik pula keterampilan menulis teks eksposisi (Y). Dengan demikian, diperlukan keterampilan membaca pemahaman yang baik agar keterampilan menulis juga baik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 08 Nov 2022 02:51
Last Modified: 08 Nov 2022 02:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40934

Actions (login required)

View Item View Item