Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Pecahan di Kelas V SDN 02 Indarung Kota Padang

Putra, Rizki Pernanda (2022) Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Pecahan di Kelas V SDN 02 Indarung Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_RIZKI_PERNANDA_PUTRA_18124081_3634_2022.pdf

Download (264kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar peserta didikdalam pembelajaran matematikadengan menerapkanmodel pembelajarandiscovery learning di kelas V SDN 02 Indarung Kota Padang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang mana prosedur penelitiannya meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik kelas V SDN 02 Indarung Kota Padang yang berjumlah 25 orang. Data penelitian berupa hasil pengamatan, hasil belajar, dan aktivitas belajarpeserta didik yang diperoleh melalui lembar observasi dan lembar tes. Hasil penelitian pengamatan RPP pada siklus I nilai rata-rata 85,18 % dengan kualifikasi Baik (B), dan meningkat pada siklus II 91,66% dengan kualifikasi Sangat Baik (SB). Hasil pengamatan aspek guru pada siklus I nilai rata-rata 79,16 dengan kualifikasi Cukup(C), dan meningkat pada siklus II menjadi 90,62% dengan kualifikasi Sangat Baik (SB). Hasil pengamatan aspek peserta didik pada siklus I nilai rata-rata 77,08 dengan kualifikasi Cukup(C), dan meningkat pada siklus II menjadi 89,58% dengan kualifikasi Baik (B). Hasil pengamatan aktivitas belajar peserta didik pada siklus I nilai rata-rata 70,73 dengan kualifikasi Sedang(S), dan meningkat pada siklus II menjadi 84,00% dengan kualifikasi Tinggi(T). Hasil belajar peserta didik pada siklus I nilai rata-rata 64,67 dengan kualifikasi Kurang (K) dan meningkat pada siklus II nilai rata-rata 85,67 dengan kualifikasi Baik (B). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery learningdapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika di Kelas V SDN 02Indarung Kota Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING, HASIL BELAJAR SISWA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 08 Nov 2022 02:50
Last Modified: 08 Nov 2022 02:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40924

Actions (login required)

View Item View Item