Nilai Tanggung Jawab dalam Novel Ibuk Karya Iwan Setyawan dan Implikasinya dalam Pembelajaran Teks Novel

Marsaa, Harits Madyan (2022) Nilai Tanggung Jawab dalam Novel Ibuk Karya Iwan Setyawan dan Implikasinya dalam Pembelajaran Teks Novel. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_HARITS_MADYAN_MARSAA_18016072_2796_2022.pdf

Download (560kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dua hal, yaitu nilai tanggung jawab dan implikasinya dalam pembelajaran memahami teks novel kelas XII SMA. Nilai tanggung jawab merupakan gambaran yang dimiliki orang banyak mengenai sebuah pribadi, bermakna bahwa kepribadian seseorang dapat dilihat melalui tindakan, ucapan, cara bergaul, berpakaian, dan pola pikir yang dikembangkan dalam menyelesaikan setiap persoalan yang dihadapi baik yang berat maupun yang ringan. Implikasi penelitian ini adalah penerapan proses penelitian terhadap proses pembelajaran yang dioperasionalkan kepada RPP dan LKPD memahami teks novel. Dalam penelitian ini terdapat tiga teori yang digunakan, pertama, nilai-nilai tanggung jawab yang terbagi menjadi empat indikator yaitu, tanggung jawab terhadap Tuhan, tanggung jawab terhadap orang tua, tanggung jawab terhadap masyarakat atau orang lain, dan tanggung jawab terhadap diri sendiri. Kedua, konsep dasar teks novel yang menjelaskan fungsi komunikatif teks novel dan unsur-unsur teks novel. Ketiga, konsep dasar pembelajaran teks dalam Kurikulum 2013 mata pelajaran bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data penelitian ini berupa kata-kata, frase, kalimat dan wacana yang mengindikasikan nilai-nilai tanggung jawab tokoh dalam novel Ibuk karya Iwan Setyawan. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu membaca dan memahami novel Ibuk karya Iwan Setyawan secara keseluruhan untuk memperoleh pemahaman yang jelas tentang novel ini, mengklasifikasikan data, dan menyimpulkan data yang berhubungan dengan nilai-nilai tanggung jawab tokoh dalam novel Ibuk karya Iwan Setyawan dan berpedoman pada membaca apresiatif. Berdasarkan aspek penelitian ditemukan dua hasil. Pertama, nilai tanggung jawab tokoh terhadap Tuhan dijelaskan pengarang melalui tokoh yang senantiasa melaksanakan ibadah sesuai dengan kepercayaannya, nilai tanggung jawab tokoh terhadap orang tua dijelaskan dengan penggambaran anak dari tokoh utama yang selalu membantu orang tuanya, nilai tanggung jawab tokoh terhadap masyarakat adalah dengan kegiatan tokoh-tokoh di dalam novel yang terlibat kegiatan di tempat tinggal mereka, nilai tanggung jawab terhadap diri sendiri digambarkan dengan tokoh anak-anak yang sudah mandiri. Kedua, implikasi nilai tanggung jawab dari hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai rujukan bagi siswa maupun pendidik dalam menusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Lembar Kerja Peserta Didik, yaitu pada KD 3.9 Menganalisis isi dan kebahasaan novel terutama dalam kegiatan menemukan isi unsur intrinsik dan ekstrinsik terkhusus pada bagian penokohan dalam novel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 08 Nov 2022 02:09
Last Modified: 08 Nov 2022 02:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40911

Actions (login required)

View Item View Item