Implementasi Pembelajaran Sastra Berbasis Kurikulum Paradigma Baru di SMKN 1 Pariaman

Tichi, Ganesa Vina (2022) Implementasi Pembelajaran Sastra Berbasis Kurikulum Paradigma Baru di SMKN 1 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_GANESA_VINA_TICHI_18016114_3155_2022.pdf

Download (440kB) | Preview

Abstract

Diberlakukannya kurikulum Paradigma Baru sebagai acuan kurikulum pembelajaran sastra di SMKN 1 Pariaman untuk pembelajaran kelas X mengharuskan guru memahami, merancang dan melaksanakan pembelajaran sastra dengan konsep kurikulum tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran sastra berbasis kurikulum Paradigma Baru di SMKN 1 Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif tetapi peneliti juga menyertakan data kuantitatif yang digunakan peneliti untuk mendukung data kualitatif. Data kualitatif diperoleh dari teknik observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Sedangkan, data kuantitatif diperoleh dari hasil angket. Objek dalam penelitian ini adalah 4 orang guru . Sampel dalam penelitian yang menggunakan angket adalah 82 orang siswa dari tiap kelas X. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu pedoman observasi, angket,pedoman wawancara, dan pedoman analisis dokumen. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, perencanaan pembelajaran sastra dengan basis kurikulum Paradigma Baru di SMKN 1 Pariaman sudah terlaksana dengan baik. Kedua, pelaksanaan pembelajaran sastra dengan basis kurikulum Paradigma Baru sudah terlaksana dengan baik namun perlu peningkatan dalam hal penggunaan media pembelajaran yang bervariasi dan pengaitan materi sastra dengan pengetahuan lain yang relevan atau IPTEK. Ketiga, penilaian pembelajaran sastra dengan basis kurikulum Paradigma Baru sudah terlaksana dengan baik namun siswa diperlukan tindakan t3egas oleh guru kepada siswa terkait plagiasi dan pengadaan remedial dserta refleksi dengan acuan kurikulum Paradigma Baru. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran sastra berbasis kurikulum Paradigma Baru di SMKN 1 Pariaman sudah terlaksana dengan baik meskipun tidak berjalan secara maksimal karena masih baru dilaksanakan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 04 Nov 2022 07:21
Last Modified: 04 Nov 2022 07:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40882

Actions (login required)

View Item View Item