Efektifitas Layanan Informasi Menggunakan Metode Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa SMAN 1 Junjung Sirih

Yalisma, Neci (2022) Efektifitas Layanan Informasi Menggunakan Metode Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa SMAN 1 Junjung Sirih. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_NECI_YALISMA_17151034_1775_2022.pdf

Download (371kB) | Preview

Abstract

Kecerdasan emosional siswa yang rendah merupakan permasalahan yang penting untuk diperhatikan bagi pendidik. Kecerdasan emosional siswa harus ditingkatkan karena dapat memberikan dampak positif bagi siswa. Salah satu cara yang dilakukan untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa ini yaitu memberikan layanan informasi menggunakan metode problem based learning. Tujuan penelitian ini yaitu 1) mendeskripsikan kondisi hasil pretest dan posttest kecerdasan emosional siswa kelas X, 2) mendeskripsikan kondisi hasil pretest dan posttest kecerdasan emosional siswa kelas XI, 3) menganalisis efektivitas layanan informasi menggunakan metode problem based learning untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa kelas X. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif pre eksperimental designs dengan menggunakan one group pretest-posttest design. Sampel penelitian ini sebanyak 30 siswa untuk kelompok eksperimen pada kelas X dan 30 siswa untuk kelas XI, penarikan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Analisis statistik data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu statistik nonparametrik. Hasil kecerdasan emosional menunjukkan bahwa 1) terdapat peningkatan kecerdasan emosional siswa antara kelompok eksperimen sebelum dan setelah dilaksanakan perlakuan layanan informasi menggunakan metode problem based learning pada kelas X, 2) terdapat peningkatan kecerdasan emosional siswa kelompok eksperimen sebelum dan setelah diberikan layanan informasi tanpa metode problem based learning pada kelas XI. 3) terdapat peningkatan yang signifikan tingkat kecerdasan emosional siswa antara kelas X yang diberikan layanan informasi menggunakan metode problem based learning dengan kelas XI yang diberikan layanan informasi tanpa metode problem based learning. Dengan demikian, layanan informasi menggunakan metode problem based learning efektif untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: LAYANAN INFORMASI, PROBLEM BASED LEARNING, KECERDASAN EMOSIONAL.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 04 Nov 2022 02:16
Last Modified: 04 Nov 2022 02:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40875

Actions (login required)

View Item View Item