Pengembangan Buku Siswa pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan menggunakan Model Pembelajaran Creative Project-Based Learning

Miftahurrahmi, Miftahurrahmi (2022) Pengembangan Buku Siswa pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan menggunakan Model Pembelajaran Creative Project-Based Learning. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_MIFTAHURRAHMI_17138075_3456_2022.pdf

Download (442kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan buku siswa pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan model 4D. Subyek uji coba adalah siswa kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol dan siswa kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen di SMA N 4 Padang. Instrumen penelitain adalah angket, lembar observasi, tes hasil belajar, dan lembar penilaian keterampilan. Data dianalisis dengan teknik deskripsif, kategori skor, dan uji-t. Hasil penelitian dan pengembangan menemukan bahwa buku siswa pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan menggunakan model pembelajaran Creative Project-Based Learning termasuk kategori valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kreativitas siswa. Buku siswa yang dikembangkan valid berdasaran penilaian ahli. Buku siswa yang dikembangkan dikategorikan praktis digunakan dalam proses pembelajaran diperoleh dari respon guru dan siswa. Efektivitas dilihat dari aktivitas belajar siswa, penilaian keterampilan siswa, dan perbandingan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa kelas eksperimen leb

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: BUKU SISWA, PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN, CREATIVE PROJECT-BASED LEARNING
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 04 Nov 2022 02:16
Last Modified: 04 Nov 2022 02:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40874

Actions (login required)

View Item View Item