Peningkatan Hasil Belajar Matematika Subtema Denah dan Skala Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) di Kelas V SDN 56 Anak Air Kota Padang

Haris, Wesly Ahwian (2022) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Subtema Denah dan Skala Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) di Kelas V SDN 56 Anak Air Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_WESLY_AHWIAN_HARIS_18129330_2055_2022.pdf

Download (711kB) | Preview

Abstract

Penelitian pada pembelajaran denah dan skala di kelas V ini dilatar belakangi oleh pembelajaran matematika yang kurang terlaksana dengan baik. Pada pelaksanaannya guru belum menggunakan model pembelajaran, dan kurang memupuk kemampuan memecahkan masalah kepada peserta didik . Akibatnya peserta didik kurang mampu menyelesaikan pemecahan masalah yang diberikan oleh guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar denah dan skala menggunakan model Cooperative Learning Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, dimana siklus I terdiri dari dua kali pertemuan dan siklus II satu kali pertemuan. Di setiap siklus tersebut meliput empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru kelas V dan peserta didik sebanyak 15 orang. Data dari penelitian diperoleh dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, proses pelaksanaan, dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data adalah observasi, tes, dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan siklus I pada RPP memperoleh rata-rata 85% (Baik), meningkat pada siklus II menjadi 95% (Sangat Baik). Pelaksanaan pada siklus I aktivitas guru memperoleh rata-rata 83,92% (Baik), meningkat pada siklus II menjadi 92,85% (Sangat Baik). Pelaksanaan aktvitas peserta didik memperoleh rata-rata 83,92% (Baik), meningkat pada siklus II menjadi 92,85% (Sangat baik). Hasil belajar peserta didik pada siklus I memperoleh rata-rata 70,74 (Cukup), meningkat pada siklus II yakni diperoleh rata-rata 82,96% (Baik). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Cooperative Learning Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan hasil belajar denah dan skala di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 04 Nov 2022 02:16
Last Modified: 04 Nov 2022 02:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40872

Actions (login required)

View Item View Item