Pengembangan Multimedia Interaktif Kahoot pada Pembelajaran Tematik Terpadu bagi Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar

Liandari, Vonia (2022) Pengembangan Multimedia Interaktif Kahoot pada Pembelajaran Tematik Terpadu bagi Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_VONIA_LIANDARI_18129094_1558_2022.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pengembangan media yang inovatif dan menyenangkan bagi peserta didik serta belum dikembangkannya media pembelajaran berbasis teknologi, sehingga guru perlu menciptakan suatu media pembelajaran yang inovatif sebagai alat dan sarana untuk meningkatkan motivasi peserta didik proses pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa multimedia interaktif Kahoot pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V Sekolah Dasar yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang dilakukan ini adalah Research and development (R&D).Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Plompp dengan tahapan studi pendahuluan (preliminary research), tahap pengembangan produk (development and prototype phase) dan tahap penilaian (assessment). Penelitian ini dilakukan di SD Pembangunan Laboratorium UNP. Media yang telah dirancang divalidasi terlebih dahulu oleh validator kemudian diujicobakan ke SD Pembangunan Laboratorium UNP untuk mengetahui praktikalitas dari media yang dikembangkan. Hasil penelitian yang dikembangkan, diperoleh hasil tingkat validitas media pembelajaran pada pembelajaran tematik terpadu dengan jumlah keseluruhan nilai validasi 87,3% dalam kategori sangat valid. Selanjutnya hasil uji coba praktikalitas media pembelajaran berupa multimedia interaktif Kahoot pada pembelajaran tematik terpadu dinyatakan sangat praktis. Hal ini dapat dilihat dari respon guru dan respon peserta didik. Dimana angket respon guru memperoleh nilai 95% dalam kategori sangat praktis dan 19 angket respon peserta didik memperoleh nilai 96,2% dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian, maka pengembangan media pembelajaran berupa multimedia interaktif Kahoot pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V Sekolah Dasar dinyatakan sangat valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 03 Nov 2022 02:55
Last Modified: 03 Nov 2022 02:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40862

Actions (login required)

View Item View Item