Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Pecahan menggunakan Model Problem Baseed Learning di Kelas V SDN 27 Anak Air Padang Kota Padang

Dhani, Vachry (2022) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Pecahan menggunakan Model Problem Baseed Learning di Kelas V SDN 27 Anak Air Padang Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_VACHRY_DHANI_18129144_2278_2022.pdf

Download (755kB) | Preview

Abstract

Penelitian pada pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan di kelas V SDN 27 Anak Air Kota Padang ini dilatar belakangi oleh pembelajaran matematika dengan materi penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan yang belum terlaksana secara baik ditandai dengan rendahnya hasil belajar siswa. Pada pelaksanaannya guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional, kurang meningkatkan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model problem based learning pada pembelajaran penjumlhan dan pengurangan bilangan pecahan di kelas V SDN Anak Air Kota Padang. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan runtutan diawali dengan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SDN 27 Anak Air yang berjumlah 27 orang. Data diperoleh dari rencana pelaksanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penilaian RPP dalam perencanaan pembelajaran pada siklus I pertemuan 1 dengan rata - rata 70,83% dan siklus I pertemuan 2 87 ,50% kemudian semakin meningkat pada siklus II menjadi 94,44%, 2) Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru dengan rincian siklus I pertemuan 1 dengan rata - rata 76,8%, meningkat pada pertemuan 2 85,7% dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 92,8%. Pelaksanaan aktivitas siswa pada siklus I pertemuan 1 75%, pertemuan 2 85,7%, dan pada siklus II 92,8% 3) Hasil belajar siswa dari siklus I dengan rata - rata 73,22 dan meningkat pada siklus II menjadi 83,70. Dengan demikian dapat disimpulkan, penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika dalam materi penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan di kelas V SDN 27 Anak Air Kota Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 03 Nov 2022 02:53
Last Modified: 03 Nov 2022 02:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40861

Actions (login required)

View Item View Item