Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Skala Menggunakan Model Problem Based Learning Di Kelas V SDN 19 Koto Tuo Selatan Kee IV Koto Agam

Adma, Rientika (2022) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Skala Menggunakan Model Problem Based Learning Di Kelas V SDN 19 Koto Tuo Selatan Kee IV Koto Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_RIENTIKA_ADMA_16129391_2159_2022.pdf

Download (733kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika materi skala. Pembelajaran pada materi skala berpusat pada guru. guru masih mengajar dengan menggunakan metode eeramah, kurangnya tindakan yang melibatkan siswa. Sehingga berdampak pada hasil belajar siswa pada materi skala dalam pembelajaran matematika.. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pereneanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, peningkatan hasil belajar siswa pada materi Skala menggunakan model Problem Based Learning di Kelas V SDN 19 Koto Tuo Selatan Kee IV Koto Agam Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang mrenggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif Dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus 1 terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Di setiap siklus tersebut meliputi empat tahap yaitu, pereneanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 19 Koto Tuo Selatan Kee IV Koto Agam dengan jumlah siswa sebanyak 23 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik pengumpulan data dengan instrument penelitian yaitu lembar observasi dan lembar tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada: a) RPP siklus I dengan rata-rata presentase 87% dengan kriteria baik (B) kemudian meningkat pada siklus II menjadi 93% dengan predikat (SB), b) pelaksanaan aktivitas guru siklus I dengan rata-rata persentase 83,7% dengan kriteria baik (B), meningkat pada siklus II menjadi 93% dengan kriteria sangat baik (SB), e) pelaksanaan aktivitas siswa siklus I memperoleh peningkatan dengan rata-rata persentase 81,5% dengan predikat baik (B) meningkat pada siklus II menjadi 90% dengan kriteria (SB), dan d) hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh rata-rata 74,39 (B), kemudian meningkat pada siklus II menjadi 86,74 dengan predikat (A). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika materi Skala di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 03 Nov 2022 02:52
Last Modified: 03 Nov 2022 02:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40859

Actions (login required)

View Item View Item