Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Pendekatan Inkuiri di Kelas V SDN 07 Pasaman Barat

Putri, Refilza Atikah (2022) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Pendekatan Inkuiri di Kelas V SDN 07 Pasaman Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_REFILZA_ATIKAH_PUTRI_17129402_749_2022.pdf

Download (588kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 07 Pasaman Barat. Hal mt dikarenakan guru belum mampu mengembangkan model pembelajaran yang cocok untuk dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini mengakibatkan rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu. Tujuan dari penelitian nu adalah mendeskripsikan penggunaan pendekatan Inkuiri untuk meningkatkan hasil pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 07 Pasaman Barat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa di kelas V SDN 07 Pasaman Barat yang berjumlah 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada siklus Ike siklus II. Hasil pengamatan RPP pada siklus I rata-rata 84,37% dengan kualifikasi baik meningkat menjadi 92,5% pada siklus II dengan kualifikasi sangat baik. Pada hasil pengamatan pelaksanaan pembelajaran, nilai rata-rata untuk aspek guru pada siklus I adalah 84,25% dengan kualifikasi baik meningkat menjadi 93,75% pada siklus II dengan kualifikasi sangat baik. Pada hasil pengamatan aspek siswa pada siklus I, nilai rata-rata 84,25% dengan kualifikasi baik meningkat menjadi 93,75% pada siklus 11.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan hasil pembelajaran tematik terpadu pada tema 9 di kelas V SDN 07 Pasaman Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 03 Nov 2022 02:52
Last Modified: 03 Nov 2022 02:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40858

Actions (login required)

View Item View Item