Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Snowball Throwing Di Kelas IV SON 04 Cupak Solok

lrfan, Ranti Novita (2022) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Snowball Throwing Di Kelas IV SON 04 Cupak Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_RANTI_NOVITA_IRFAN_17129400_764_2022.pdf

Download (613kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di lapangan yang menunjukkan rendahnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran tematik terpadu di Sekolah Dasar. Hal ini dikarenakan guru belum mampu mengembangkan model pembelajaran yang cocok untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaan model Snowball Throwing untuk meningkatkan hasil pembelajaran tematik terpadu di kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa di kelas IV Sekolah Dasar yang berjumlah 24 orang, terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada siklus I ke siklus II. Hasil pengamatan RPP pada siklus I rata-rata 81,88% dengan kualifikasi baik (B) menjadi 94,44% pada siklus II dengan kualifikasi sangat baik (SB). Pada hasil pengamatan pelaksanaan pembelajaran, nilai rata-rata untuk aspek guru pada siklus I adalah 80,55% dengan kualifikasi baik (B) menjadi 94,44% pada siklus II dengan kualifikasi sangat baik (SB). Pada hasil pengamatan aspek siswa pada siklus I, nilai rata-rata 80,55% dengan kualifikasi baik (B) menjadi 94,44% pada siklus II dengan kualifikasi (SB). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil pembelajaran tematik terpadu pada tema 7 di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 03 Nov 2022 02:52
Last Modified: 03 Nov 2022 02:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40857

Actions (login required)

View Item View Item