Peningkatan Hasil Belajar Pembelajaran Tematik Terpadu menggunakan Model Problem Based Lerning (PBL) Di Kelas IV SDN 01 Balai Naras Kota Pariaman

Yuza, Ramadhan Putra (2022) Peningkatan Hasil Belajar Pembelajaran Tematik Terpadu menggunakan Model Problem Based Lerning (PBL) Di Kelas IV SDN 01 Balai Naras Kota Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_RAMADHAN_PUTRA_YUZA_17129170_2279_2022.pdf

Download (468kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu. Hal ini dikarenakan kurang optimalnya pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu yang dilakukan oleh guru yaitu pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga reaksi siswa cenderung pasif dan kurang berminat dalam pembelajaran. Penelitian mt bertujuan mendeskripsikan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran tematik terpadu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif yang dilaksanakan dua siklus. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 01 Balai Naras Kota Pariaman. Prosedur penelitan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik dan instrumen penelitian adalah observasi,tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan dilihat dari: (1) penilaian RPP siklus I rata-rata 80.55% kualifikasi B,siklus II menjadi 91.67% kualifikasi SB karena RPP sudah memenuhi kriteria yang diharapkan; (2) Penilaian pada aktivitas guru siklus I 82.14% kualifikasi B, siklus II menjadi 92,85% kualifikas SB karena pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru sudah memenuhi langkah-langkah model Problem Based Learning. (3) Penilaian aspek siswa siklus I rata-rata 76,78% kualifikasi C, siklus II menjadi 92,85% kualifikas SB karena kegiatan siswa dalam pembelajaran sudah sesuai dengan model Problem Based Learning. (4) Penilaian aspek sikap pada siklus I memperoleh sikap baik, Siklus II sangat baik karena siswa sudah menunjukan sikap positif terakit KI-1 dan KI-2. (5) Penilaian Hasil belajar siswa pada siklus 1 rata-rata nilai siswa 65,96 dengan predikat cukup, siklus II 80.34 dengan predikat baik karena siswa telah mampu memecahkan masalah dan melakukan keterampilan sesuai kategori yang diharapkan. Dapat disimpulkan bahwa Problem Based Leming (PBL) dapat meningkatkan hasil pembelajaran tematik terpadu di Kelas IV SDN OJ Balai Naras Kata Pariaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 03 Nov 2022 02:52
Last Modified: 03 Nov 2022 02:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40856

Actions (login required)

View Item View Item