Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) di Kelas IV SDN 1 Kampung Baru Kota Pariaman

Zulvyanti, Rahma (2022) Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) di Kelas IV SDN 1 Kampung Baru Kota Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_RAHMA_ZULVYANTI_17129249_1874_2022.pdf

Download (732kB) | Preview

Abstract

Penelitian im dilatarbelakangi oleh kenyataan-kenyataan yang ditemukan di lapangan yaitu guru tidak mengembangkan RPP yang terdapat pada buku guru, pembelajaran masih berpusat pada guru. Hal ini mengakibatkan proses belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu belum maksimal. Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk mendeskripsikan peningkatan proses pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model kooperatif tipe Numbered Head Together di kelas IV SD Negeri 17 Kampung Barn Kota Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan pendekatan yang digunakan yaitu kualititatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian yaitu terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret dan April bertetapan pada semester 2 tahun ajaran 2021/2022. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik Kelas IV SD Negeri 17 Kampung Barn Kota Pariaman dimana tercatat peserta didik sebanyak 24 orang, 9 orang peserta didik laki- laki dan 15 orang peserta didik perempuan. Instrumen penelitian adalah lembar observasi berupa lembar pengamatan RPP, lembar pengamatan aspek guru dan lembar pengamatan aspek peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus dengan tiga kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam a) Perencanaan siklus I memperoleh nilai rata-rata 80.50% dengan kualifikasi cukup (B), meningkat pada siklus II menjadi 95.83% dengan kualifikasi sangat baik (SB), b) Pelaksanaan pembelajaran siklus I aspek guru memperoleh nilai rata-rata 78,13 % dengan kualifikasi cukup (C), meningkat pada siklus II aspek guru memperoleh nilai 93,75 %, dengan kualifikasi sangat baik (SB), aspek peserta didik memperoleh nilai 78,13 % dengan kualifikasi cukup (C), meningkat siklus II aspek peserta didik memperoleh nilai 93,75 % dengan kualifikasi sangat baik (SB). Dapat disimpulkan bahwa dengan model kooperatiftipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan proses belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SD Negeri 1 7 Kampung Barn Kota Pariaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 03 Nov 2022 02:51
Last Modified: 03 Nov 2022 02:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40855

Actions (login required)

View Item View Item