Pengaruh Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV Gugus I Kecamatan Payakumbuh Utara dan Latina Kota Payakumbuh

Hayati, Rahma (2022) Pengaruh Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV Gugus I Kecamatan Payakumbuh Utara dan Latina Kota Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_RAHMA_HAYATI_18129200_2548_2022.pdf

Download (612kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik, kurang aktifnya peserta didik dalam pembelajaran dan peserta didik kurang diberikan kesempatan berfikir memahami materi pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi cenderung pasif, dengan kata lain pembelajaran hanya bepusat kepada peserta didik yang memiliki akademik tinggi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan pengaruh model Think Pair Share terhadap hasil belajar peserta didik di kelas IV Gugus I Kecamatan Payakumbuh Utara dan Latina Kota Payakumbuh. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan bentuk quasi eksperimen design. Desain penelitian yang digunakan Postles Only Control Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan Probability sampling dengan jenis Cluster Random Sampling. Subjek penelitian ini adalah Peserta didik kelas IV Gugus I Kecamatan Payakumbuh Utara dan Latina Kota Payakumbuh. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal objektifberupa pilihan ganda sebanyak 15 butir soal, data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis data maka diperoleh hasil uji hipotesis dengan uji-t bahwa thitung = 3,519 dan ttabel =1,685, df= 38 (n, + n2 - 2 = 20 + 20 - 2 = 38) dan taraf signifikan 5%. Berdasarkan pengujian Dimana thitung > ttabel (3,519 > 1,685) maka Ho ditolak dan H1 diterima. Dari hasil penelitian ini terbukti bahwa penggunaan model pembelajaran Think Pair Share memberikan pengaruh signifikan terhadap hasil belajar Tematik terpadu pada peserta didik di kelas IV Gugus I Kecamatan Payakumbu Utara Kota Payakumbuh tahun ajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 03 Nov 2022 02:51
Last Modified: 03 Nov 2022 02:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40854

Actions (login required)

View Item View Item