Pengaruh Model Kooperatif Tipe Listening Team terhadap Basil Belajar Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V SD Negeri Gugus I Kecamatan Pauh Kota Padang

Nabiila, Nafla (2022) Pengaruh Model Kooperatif Tipe Listening Team terhadap Basil Belajar Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V SD Negeri Gugus I Kecamatan Pauh Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_NAFLA_NABIILA_17129156_958_2022.pdf

Download (692kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran yang variatifbelum maksimal dan hanya menggunakan model pembelajaran konvensional, Peserta didik kurang terlibat aktif dalam pembelajaran dan aktivitas belajar yang melibat peserta didik secara kooperatif belum maksimal. Hal ini mengakibatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu cendrung rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Kooperatif Tipe Listening Team terhadap Hasil Belajar Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V SD Negeri Gugus I Kecamatan Pauh Kota Padang pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen dan desain penelitian quasy eksperimen bentuk nonequivalent control group design. Pengambilan data sampel dilakukan dengan teknik Probability Sampling dengan jenis simple random sampling, populasi terdiri dari Sekolah Dasar dalam satu Gugus I Kecamatan Pauh Kota Padang dan terpilih sebagai sampel adalah kelas V SDN 04 Pauh dan kelas V SDN 08 Pisang. Kelas V SDN 04 Pauh sebagai kelas e cksperimen dan kelas V SDN 08 Pisang sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes objektif dengan jenis pilihan ganda. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 82,962 dengan standar deviasi yaitu 7, 7831 dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 75,7037 dengan standar deviasi yaitu 10,8088. Berdasarkan perhitungan uji-t (t-test) diperoleh thitung sebesar 2,7304 sedangkan t1abel pada taraf kepercayaan a 0,05 adalah 2,0066, sehingga Ihitung > ttabel. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model kooperatif tipe listening team terhadap hasil belajar pembelajaran tematik terpadu di kelas V SD Negeri Gugus I Kecamatan Pauh Kota Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 03 Nov 2022 02:51
Last Modified: 03 Nov 2022 02:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40852

Actions (login required)

View Item View Item