Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Tutor Sebaya Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas IV SD Negeri 01 Balai Naras Kota Pariaman

Alfarizi, Muhammad Fauzan (2022) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Tutor Sebaya Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas IV SD Negeri 01 Balai Naras Kota Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_MUHAMMAD_FAUZAN_ALFARIZI_17129452_2325_2022.pdf

Download (663kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang rendah dan dalam penyusunan perencanaan pembelajaran, kegiatan yang disusun guru belum sesuai dengan kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan saat proses pembelajaran, pembelajaran kurang menggunakan model pembelajaran yang dapat membangkitkan keaktifan siswa salah satunya belum menggunakan model pembelajaran diskusi kelompok sehingga pada pembelajaran masih terkesan konvensional, dan penelitian dalam pembelajaran cenderung kepada pengetahuan sedangkan untuk sikap dan keterampilan kurang terlihat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar tematik terpadu dengan menggunakan model Tutor Sebaya di kelas IV SD Negeri 01 Balai Naras Kota Pariaman. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Di setiap siklus meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 01 Balai Naras denganjumlah 15 orang siswa. Hasil penelitian menunjukan peningkatan pada: a) RPP siklus I dengan rata-rata 87,49% (Baik), dan siklus II 93,18% (Sangat Baik), b) Pelaksanaan pada aspek guru siklus I dengan rata-rata 90,6% (Sangat Baik), dan siklus II 96,8% (Sangat Baik), sedangkan pada aspek siswa siklus I dengan rata-rata 82,84% (Baik), dan siklus II 96,8% (Sangat Baik), c) Penilaian terhadap siswa pada siklus I memperoleh rata-rata 70, 1 dan siklus II dengan rata-rata 86,2. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Tutor Sebaya dapat meningkatkan hasil belajar tematik terpadu pada siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 03 Nov 2022 02:51
Last Modified: 03 Nov 2022 02:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40851

Actions (login required)

View Item View Item