Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Example Non Example di Kelas IV SDN 11 Campago Guguk Bulek Bukittinggi

Qawiyyah, Haviza Izzatul (2022) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Example Non Example di Kelas IV SDN 11 Campago Guguk Bulek Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_HAVIZA_IZZATUL_QAWIYYAH_18129264_2624_2022.pdf

Download (674kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik yang disebabkan karena jarang dilakukan kegiatan kelompok, kurangnya kemampuan berpikir kritis, serta peserta didik kurang aktif dalam proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Cooperative Learning tipe Example Non Example di Kelas IV SDN 11 Campago Guguk Bulek Bukittinggi. J enis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif yang dilaksanakan dalam 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dimana siklus I terdiri atas dua pertemuan dan siklus II terdiri atas satu pertemuan. Subjek pada penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IV yang berjumlah 26 orang di SDN 11 Campago Guguk Bulek Bukittinggi. Data dari penelitian ini diperoleh dari penilaian rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes, dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan: penilaian RPP siklus I diperoleh rata-rata 87% (B) dan siklus II diperoleh 94% (SB). Pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru siklus I diperoleh rata-rata yaitu 86% (B), dan pada siklus II meningkat menjadi 94% (SB). Aspek peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata yaitu 75% (C), dan pada siklus II meningkat menjadi 94% (SB). Hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata nilai 69 (K) dan pada siklus II meningkat menjadi 87 (B). Dengan demikian model Cooperative Learning tipe Example Non Example dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 03 Nov 2022 02:50
Last Modified: 03 Nov 2022 02:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40846

Actions (login required)

View Item View Item