Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Model Cooperative Learning Tipe Time Token Kelas IV SDN 56 Anak Air

Ramfineli, Disha Hikarahmi (2022) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Model Cooperative Learning Tipe Time Token Kelas IV SDN 56 Anak Air. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_DISHA_HIKARAHMI_RAMFINELI_18129007_2054_2022.pdf

Download (770kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran tematik terpadu yang berpusat pada guru, guru kesulitan mengajak seluruh peserta didik aktif dalam pembelajaran, hanya beberapa peserta didik yang aktif dan antusias dalam mengkomunikasikan pendapatnya di kelas, tentu hal ini membuat peserta didik lainnya menjadi tidak aktif karena didominasi oleh peserta didik yang percaya diri saja. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Cooperative Learning tipe Time Token. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dua kali pertemuan dan siklus II satu kali pertemuan. Meliputi empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 56 Anak Air yang berjumlah 15 orang. Data penelitian diperoleh dari penilaian rencana pelaksaan pembelajaran, pelaksanaan, dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, dokumentasi, tes dan non tes. Hasil penelitian ini dapat dilaporkan bahwa penilaian RPP siklus I memperoleh skor rata-rata 85% dengan kualifikasi baik, meningkat pada siklus II memperoleh skor 95% dengan kualifikasi sangat baik. Aktivitas guru siklus I diperoleh skor rata-rata 84,38% dengan kualifikasi baik, meningkat pada siklus II memperoleh skor 93,75% dengan kualifikasi sangat baik. Aktivitas peserta didik siklus I diperoleh skor rata-rata 84,38% dengan kualifikasi baik, meningkat pada siklus II memperoleh skor 93,75% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil belajar peserta didik siklus I memperoleh skor rata-rata 75,67 dengan kualifikasi baik, meningkat pada siklus II 86,83 dengan kualifikasi sangat baik, dilihat dari segi sikap, pengetahuan, dan keterampilan peserta didik semakin meningkat dari siklus I sampai siklus II. Dapat disimpulkan, bahwa menggunakan model Cooperative Learning tipe Time Token dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SDN 56 Anak Air.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 03 Nov 2022 02:50
Last Modified: 03 Nov 2022 02:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40843

Actions (login required)

View Item View Item