Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Picture and Picture dengan Media Kahoot dalam Pembalajaran Tematik Terpadu di Kelas III SDN 27 Anak Air

Bunga, Bunga (2022) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Picture and Picture dengan Media Kahoot dalam Pembalajaran Tematik Terpadu di Kelas III SDN 27 Anak Air. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_BUNGA_18129235_2293_2022.pdf

Download (699kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan dimana permasalahan belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu yang rendah, pembelajaran masih berpusat pada guru, guru kurang memvariasikan model pembelajaran serta peserta didik kurang terlibat dalam diskusi kelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model kooperatif tipe picture and picture dengan media kahoot dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas III SDN 27 Anak Air. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif yang dilaksanakan dalam 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian berkaitan dengan hasil perencanaan, pelaksanaan, dan pengamatan menggunakan model model kooperatiftipe picture and picture. Teknik pengumpulan data adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas III SDN 27 Anak Air yang berjumlah 25 orang. Hasil penelitian menunjukkan: Penilaian RPP siklus I pertemuan 1 adalah 77,78% (C) dan siklus 1 pertemuan 2 menjadi 86,11% (B) kemudian semakin meningkat pada siklus II menjadi 94,44% (A). Penilaian pada aktivitas guru siklus I pertemuan 1 adalah 83,33% (B) dan siklus I pertemuan 2 adalah 88,89% (B), dan meningkat pada siklus II menjadi 97,22% (SB). Penilaian pada aktivitas siswa siklus I pertemuan 1 adalah 75% (C) dan siklus I pertemuan 2 adalah 86, 11 % (B), dan meningkat pada siklus II menjadi 94,44% (A). Hasil belajar siswa berdasarkan rekapitulasi penilaian pengetahuan dan keterampilan pada siklus I diperoleh rata-rata 66,72 (D) dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 90,4 (A). Dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di kelas III SDN 27 Anak Air.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 03 Nov 2022 02:50
Last Modified: 03 Nov 2022 02:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40842

Actions (login required)

View Item View Item