Interaksi Orangtua Anak dan Hubungannya dengan Kematangan Emosi Siswa

Syafari, Suci Akhreka (2022) Interaksi Orangtua Anak dan Hubungannya dengan Kematangan Emosi Siswa. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_SUCI_AKHREKA_SYAFARI_17006180_1769_2022.pdf

Download (694kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi tidak matangnya emosi siswa. Kematangan emosi adalah kemampuan individu untuk memberikan tanggapan emosi secara matang dan mampu mengontrol serta mengendalikan emosinya, sehingga menunjukkan suatu kesiapan dalam bertindak. Salah satu faktor yang diduga mempengaruhi kematangan emosi adalah interaksi orangtua anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) kematangan emosi, (2) interaksi orangtua anak, serta (3) menguji dan menganalisis hubungan interaksi orangtua anak dengan kematangan emosi siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini sebanyak 653 siswa yang berada di kelas X, XI, dan XII SMA N 1 Sungai Sarik yang terdaftar aktif di Semester Juli­ Desember 2021 dengan sampel sebanyak 164 siswa yang dipilih secara Purposive Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah "Daftar Isian Interaksi Orangtua Anak untuk Siswa Sekolah Menengah Atas dan Daftar Isian Kematangan Emosi untuk Siswa Sekolah Menengah Atas" dengan menggunakan skala model likert. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan teknik korelasional Pearson Product Moment. Temuan penelitian memperlihatkan bahwa: (1) kematangan emosi berada pada kategori tinggi, (2) interaksi orangtua anak berada pada kategori bagus, (3) dan terdapat hubungan positif yang signifikan antara interaksi orangtua anak dengan kematangan emosi siswa dengan koefisien korelasi 0,343 dan taraf signifikansi 0,000. Implikasi penelitian ini bagi Bimbingan dan Konseling dapat dilakukan dengan pemberian layanan informasi kepada orangtua dengan topic (a) pentingnya interaksi orangtua dalam pembentukan kematangan emosi anak, (b) menjaga hubungan baik dengan anak dan (c) menciptakan keterbukaan antara orangtua dengan anak".

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 03 Nov 2022 02:49
Last Modified: 03 Nov 2022 02:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40840

Actions (login required)

View Item View Item