Prokrastinasi Akademik Siswa dan Faktor Penyebabnya dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19

Putri, Salsabilla Dwi Jana (2022) Prokrastinasi Akademik Siswa dan Faktor Penyebabnya dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_SALSABILLA_DWI_JANA_PUTRI_17006031_1665_2022.pdf

Download (810kB) | Preview

Abstract

Munculnya wabah Covid-19 yang menyebar di seluruh dunia membuat perubahan pada bidang pendidikan. Proses pembelajaran yang biasanya dilakukan tatap muka di sekolah harus diganti menjadi pembelajaran dalam jaringan (daring). Dalam pelaksanaan pembelajaran daring siswa dapat menjadi kurang efektif dalam mengikuti kegiatan belajar dan melakukan kegiatan lain yang dilakukan bersamaan dengan kelas online yang sedang berlangsung. Akibatnya siswa kurang fokus dengan pembelajaran dan menimbulkan beberapa masalah. Salah satunya adalah siswa cenderung menunda-nunda waktu belajar dan pengerjaan tugasnya atau bisa disebut dengan prokrastinasi akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prokrastinasi akademik siswa dan faktor penyebabnya dalam pembelajaran daring dilihat dari aspek (1) penundaan untuk memulai dan menyelesaikan tugas, (2) keterlambatan siswa dalam mengerjakan tugas, (3) kesenjangan waktu antara rencana dan kinerja aktual, (4) melakukan aktivitas lain yang lebih menyenangkan daripada mengerjakan tugas, (5) faktor penyebab prokrastinasi akademik siswa dalam pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 601 orang siswa SMPN 4 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2021/2022 dengan sampel penelitian sebanyak 162 orang siswa yang dipilih dengan teknik Proportional Random Sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket prokrastinasi akademik siswa dan faktor penyebab dalam pembelajaran daring. Data diolah menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan secara keseluruhan prokrastinasi akademik siswa dan faktor penyebabnya dalam pembelajaran daring siswa di SMPN 4 Padang berada pada kategori sedang dengan skor rata-rata 93,99 dan persentase 52% dari skor ideal. Berdasarkan hasil penelitian ini layanan yang dapat diberikan untuk menurunkan tingkat prokrastinasi akademik siswa yaitu layanan informasi, layanan bimbingan kelompok, layanan konseling kelompok, layanan konseling individual, dan layanan penguasaan konten.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 03 Nov 2022 02:49
Last Modified: 03 Nov 2022 02:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40839

Actions (login required)

View Item View Item