Kontribusi Kecerdasan Emosional Mahasiswa Terhadap Kematangan Karir

Aulia, Galang Zaki (2022) Kontribusi Kecerdasan Emosional Mahasiswa Terhadap Kematangan Karir. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_GALANG_ZAKI_AULIA_17006139_1543_2022.pdf

Download (684kB) | Preview

Abstract

Mahasiswa perlu memiliki kecerdasan emosional, karena bisa mempengaruhi pikiran, perkataan, perilaku, termasuk di dalam pekerjaan. Mahasiswa yang memiliki kecerdasan emosional yang baik cenderung akan memiliki kematangan karir pula. Faktor hal yang berkontribusi terhadap kematangan karir salah satunya kecerdasan emosional, mahasiswa yang berada pada semester akhir hendaknya penting memiliki kecerdasan emosional yang baik agar bisa membuat perencanaan karir yang matang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan kecerdasan emosional dengan kematangan karir dan mencari kontribusi kecerdasan emosional dengan kematangan karir. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa FIP UNP angkatan 2018 yang berjumlah 1183 orang, dan di dapatkan sampel penelitian sebanyak 299 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket kecerdasan emosional dan angket kematangan karir dengan mengunakan model skala Likert. Pengumpulan data dilakukan secara online, menggunakan Google Form. Setelah data didapatkan kemudian dianalisis dengan teknik persentase. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa mahasiswa FIP UNP memiliki kecerdasan emosional yang cukup tinggi, mahasiswa FIP UNP memiliki kematangan karir yang cukup tinggi, dan dideskripsikan bahwa terdapat hubungan kecerdasan emosional dengan kematangan karir sehingga terdapat kontribusi antara kecerdasan emosional terhadap kematangan karir. Adapun layanan Bimbingan dan Konseling yang bisa diberikan untuk meningkatkan kecerdasan emosional mahasiswa dengan kematangan karir, yaitu: layanan informasi, konseling individual, dan bimbingan kelompok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 03 Nov 2022 02:48
Last Modified: 03 Nov 2022 02:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40833

Actions (login required)

View Item View Item