Analisis Kelayakan Sarana dan Prasarana pada Praktik Pemeliharaan Chasis dan Sistem Pemindah Tenaga di SMK N 1 Kecamatan Luak

Arya, Aditya Teddy (2022) Analisis Kelayakan Sarana dan Prasarana pada Praktik Pemeliharaan Chasis dan Sistem Pemindah Tenaga di SMK N 1 Kecamatan Luak. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_09_ADITYA_TEDDY_ARYA_17073066_4070_2022.pdf

Download (650kB) | Preview

Abstract

Sarana dan Prasarana pendidikan dalam proses pembelajaran mempunyai peranan yang penting, khususnya pada pembelajaran praktik pemeliharaan chasis dan sistem pemindah tenaga di sekolah menengah kejuruan ,mengingat pemeliharaan chasis dan sistem pemindah tenaga merupakan salah satu pokok pembelajaran dalam otomotif. Sarana dan Prasarana yang dimiliki oleh SMK yang digunakan untuk pembelajaran praktik siswa akan mempengaruhi kualitas hasil dari proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kelayakan sarana dan prasarana praktik pemeliharaan chasis dan sistem pemindah tenaga program keahlian teknik kendaraan ringan di SMK N 1 Kecamatan Luak. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen berupa dokumentasi, observasi, wawancara, serta menggunakan instrumen yang diatur dari Permendiknas No. 40 tahun 2008. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat ketercapaian prasarana kelayakan ditinjau dari kualitas dan kuantitas ruang praktik pemeliharaan chasis dan sistem pemindah tenaga program keahlian teknik kendaraan ringan SMK N 1 Kecamatan Luak adalah ( 33,3% ), maka dapat dikatakan kurang layak. Sedangkan ketercapaian sarana kelayakan ditinjau dari kualitas ,kuantitas dan kemutakhiran dari fungsi dari alat praktik apakah memenuhi dengan kapasitas siswa dalam praktik, kelayakan alat tersebut adalah (45,29 %), maka dapat disimpulkan kurang layak. Hal ini dapat mendukung peningkatan kompetensi siswa pada praktik pemeliharaan chasis dan sistem pemindah tenaga program keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK N 1 Kecamatan Luak pada tahun ajaran berikutnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Otomotif S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 03 Nov 2022 02:48
Last Modified: 03 Nov 2022 02:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40828

Actions (login required)

View Item View Item