Perencanaan Teknis dan Ekonomis Reklamasi Laban Bekas Tambang Berdasarkan Kesesuaian Laban di PT. Sumbar Calcium Pratama Daerab Halaban, Kecamatan Lareb Sago Halaban, Kabupaten Lima Pulub Kota, Provinsi Sumatera Barat

Yusra, Afdol (2022) Perencanaan Teknis dan Ekonomis Reklamasi Laban Bekas Tambang Berdasarkan Kesesuaian Laban di PT. Sumbar Calcium Pratama Daerab Halaban, Kecamatan Lareb Sago Halaban, Kabupaten Lima Pulub Kota, Provinsi Sumatera Barat. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_12_Afdol_Yusra_19080002_4311_2022.pdf

Download (546kB) | Preview

Abstract

PT. Sumbar Calcium Pratama merupakan salah satu perusahaan swasta di Sumatera Barat yang bergerak di bidang pertambangan. Pada tahun 2005 PT. Sumbar Calcium Pratama memulai proses perencanaan penambangan baik secara strategis dan operasional seperti kegiatan prospeksi, eksplorasi, studi kelayakan, mine design, development, sampai eksploitasi tambang. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan perencanaan secara teknis dan ekonomis untuk reklamasi lahan bekas tambang yang telah selesai ditambang agar lahan yang telah digunakan dapat berfungsi bagi masyarakat dan tidak menimbulkan kerusakkan lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian langsung melalui partisipasi dalam kegiatan penelitian sehari-hari. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tahapan kegiatan reklamasi dan jenis tanaman yang digunakan. Dari hasil perencanaan tersebut didapatkan untuk biaya langsung sebesar Rp. 115.062.900,- ,biaya tidak langsung sebesar Rp. 14.380.161,- sedangkan untuk biaya total sebesar Rp. 129.443.061,-- Untuk pemilihan jenis tumbuhannya yaitu pohon karet dengan nama Latin Hevea Brasiliensis Upaya untuk penanaman sendiri dilakukan dengan pembuatan lubang tanam dengan ukuran 30 x 30 cm dengan jarak antar pohon 5 x 5 m. Untuk lubang tanamam sendiri berjumlah karena lahan yang direklamasi dengan luas 2, 7 hektar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - D3
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 03 Nov 2022 02:48
Last Modified: 03 Nov 2022 02:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40827

Actions (login required)

View Item View Item