Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Siswa dengan Model Problem Solving pada Pembelajaran Matematika Kelas V SD Negeri 06 Rawang Sulit Air

Hermalindawati, Hermalindawati (2022) Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Siswa dengan Model Problem Solving pada Pembelajaran Matematika Kelas V SD Negeri 06 Rawang Sulit Air. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_HERMALINDAWATI_17124094_2196_2022.pdf

Download (264kB) | Preview

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di SD Negeri 06 Rawang Sulit Air Kecamatan X Koto Diatas. Masalah yang peneliti temukan diantaranya guru tidak melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran, model dan metode pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi sehingga ada rasa jenuh pada diri siswa, rendahnya minat belajar siswa, dan hasil tes siswa sering dibawah KKM yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk membantu guru menyelesaikan massalah dalam pembelajaran sehingga terjadi peningkatan pada minat dan hasil belajar siswa kelas V SDN 06 Rawang Sulit Air. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas, dilakukan melalui proses yang dinamis terdiri dari empat “momentum” essensial yaitu perencanaan Tindakan (Planning), pelaksanaan tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting) . Rancangan penelitian menggunakan Alur PTK mengikuti model Kemmis dan McTaggart dengan menggunakan Model Problem Solving. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, catatan lapangan dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Model Problem Solving dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas V di SDN 06 Rawang Sulit Air dilihat dari lembar observasi dan hasil tes siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MINAT DAN HASIL BELAJAR, PROBLEM SOLVING
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 03 Nov 2022 02:47
Last Modified: 03 Nov 2022 02:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40825

Actions (login required)

View Item View Item