Hubungan Perhatian Orang Tua dengan Minat Belajar Peserta Pada Pembelajaran Alquran di TPQ Mushola Nurul Ikhlas Pesisir Selatan

Handayani, Utari (2022) Hubungan Perhatian Orang Tua dengan Minat Belajar Peserta Pada Pembelajaran Alquran di TPQ Mushola Nurul Ikhlas Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_UTARI_HANDAYANI_17005047_855_2022.pdf

Download (556kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar peserta didik pada pembelajaran Alquran di TPQ Mushola Nurul Ikhlas Bukik Kaciak Duku Tarusan Pesisir Selatan, hal ini diduga karena ada kaitannya dengan perhatian orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perhatian orang tua, mendeskripsikan minat belajar peserta didik, dan melihat hubungan perhatian orang tua dengan minat belajar peserta pada pembelajaran Alquran di TPQ Mushola Nurul Ikhlas Pesisir Selatan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik pada pembelajaran Alquran yang berjumlah 25 orang dan sampel yang diambil sebanyak 80% yaitu sebanyak 20 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tertutup teknik analisis data menggunakan rumus presentase dan sparman rho. Hasil penelitian menunjukan bahwa perhatian orang tua dikategorikan rendah, minat belajar peserta pada pembelajaran Alquran dikategorikan rendah, dan terdapat hubungan yang signifikan antara perhatian orang tua dengan minat belajar peserta pada pembelajaran Alquran di TPQ Mushola Nurul Ikhlas Pesisir Selatan. Diharapkan kepada orang tua untuk selalu memperhatikan anak, karena dapat berpengaruh terhadap minat belajar anak, dan disaran kepada peneliti lain untuk dapat mencari variabel yang dapat mempengaruhi minat belajar peserta di TPQ.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 03 Nov 2022 02:47
Last Modified: 03 Nov 2022 02:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40823

Actions (login required)

View Item View Item