Dukungan Sosial Orang Tua Menurut Peserta Didik dengan Komitmen Pemberian Tugas Selama Pembelajaran Daring Pandemi Covid-19 di SMPN 16 Sijunjung

Fatresia, Teza (2022) Dukungan Sosial Orang Tua Menurut Peserta Didik dengan Komitmen Pemberian Tugas Selama Pembelajaran Daring Pandemi Covid-19 di SMPN 16 Sijunjung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_TEZA_FATRESIA_17005094_840_2022.pdf

Download (574kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya komitmen tugas peserta didik yang diduga oleh kurangnya dukungan sosial yang diberikan oleh orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dukungan sosial orang tua terhadap belajar peserta didik dirumah, mengetahui komitmen tugas peserta didik selama pembelajaran daring pandemi covid-19, mengetahui hubungan antara dukungan sosial orang tua dengan komitmen tugas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional, dengan tujuan melihat ada tidaknya hubungan antara dukungan sosial orang tua dengan komitmen pemberian tugas selama pandemi covid-19 di SMPN 16 Sijunjung pada semester Juni s/d Desember 2021. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMPN 16 Sijunjung. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling, teknik dalam pengumpulan data menggunakan angket dan alat pengumpul data berupa daftar pemyataan. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi pearson produk moment dengan taraf signifikan 5% (=0,05). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pertama, komitmen tugas siswa dalam mengerjakan tugas dikategorikan rendah, Kedua dukungan sosial orang tua selama pandemi covid-19 dikatakan rendah. Ketiga terdapat hubungan yang sangat signifikan antara dukungan sosial orang tua dengan komitmen pemberian tugas selama pembelajaran daring pandemi Covid-19 di SMPN 16 Sijunjung. Diharapkan kepada orang tua agar memberikan dukungan sosial yang baik terhadap belajar anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 03 Nov 2022 02:47
Last Modified: 03 Nov 2022 02:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40822

Actions (login required)

View Item View Item