Hubungan Antara Komunikasi Efektif Tutor Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran PPKN Paket C di PKBM Cahaya Abadi

Jum'ah, Syafuur Fadilah (2022) Hubungan Antara Komunikasi Efektif Tutor Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran PPKN Paket C di PKBM Cahaya Abadi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_SYAFNUR_FADILAH_JUM'AH_17005133_2655_2022.pdf

Download (649kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar warga belajar pada pelajaran PPKN program belajar Paket C di PKBM Cahaya Abadi. Hal ini diduga karena rendahnya komunikasi efektif tutor. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) melihat gambaran komunikasi efektif tutor dalam pelaksanaan kegiatan belajar paket C di PKBM Cahaya Abadi, 2) melihat gambaran hasil belajar mata pelajaran PPKN paket C di PKBM cahaya Abadi, 3) melihat hubungan komunikasi efektif tutor dengan hasil belajar mata pelajaran PPKN paket C di PKBM Cahaya Abadi. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif jenis korelasional yang bertujuan menguji hubungan antara komunikasi efektif dengan hasil belajar. Populasi penelitian ialah semua warga belajar paket C yang ada di PKBM Cahaya Abadi sebanyak 44 orang,tahun ajaran 2020/2021 semester ganjil, teknik dalam pengambilan sampel adalah stratified random sampling dan diambil sebanyak 70% yaitu 31 orang. Metode pengumpulan data menggunakan angket dengan format daftar pernyataan sebagai alat pengumpulan data, teknik analisis data menggunakan rumus persentase dan untuk mencari korelasi menggunakan rumus Product Moment. Hasil penelitian membuktikan bahwa: 1) Gambaran komunikasi efektif tutor paket C di PKBM Cahaya Abadi dikategorikan rendah; 2) Gambaran hasil belajar warga belajar pada mata pelajaran PPKN paket C di PKBM Cahaya Abadi Nagari Surian dikategorikan sedang, dan; 3) terdapat hubungan yang signifikan antara komunikasi efektif tutor dengan hasil belajar mata pelajaran PPKN paket C di PKBM Cahaya Abadi. Diharapkan kepada pengelola agar membantu meningkatkan kualitas komunikasi efektif tutor sehingga memiliki kemampuan yang baik dalam kualitas komunikasi efektifuya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 03 Nov 2022 02:46
Last Modified: 03 Nov 2022 02:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40821

Actions (login required)

View Item View Item