Hubungan antara Konsep Diri Peserta Didik dengan Hasil Belajamya pada Mata Pelajaran Ekonomi Program Kesetaraan Paket C di SPNF SKB Kota Solok

Ashari, Revi Yuni (2022) Hubungan antara Konsep Diri Peserta Didik dengan Hasil Belajamya pada Mata Pelajaran Ekonomi Program Kesetaraan Paket C di SPNF SKB Kota Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_REVI_YUNI_ASHARI_17005128_795_2022.pdf

Download (696kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi program kesetaraan paket C di SPNF SKB Kota Solok, hal ini diduga disebabkan oleh konsep diri peserta didik yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk 1) melihat gambaran konsep diri peserta didik pada mata pelajaran ekonomi program kesetaraan paket C di SPNF SKB Kota Solok, 2) untuk melihat gambaran basil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi program kesetaraan paket C di SPNF SKB Kota Solok , 3) untuk melihat hubungan antara konsep diri peserta didik dengan hasil belajamya pada mata pelajaran ekonomi Program Kesetaraan Paket C di SPNF SKB Kota Solok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional, karena tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara konsep diri peserta didik dengan hasil belajamya pada mata pelajaran ekonomi program kesetaraan paket C di SPNF SKB Kota Solok. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik yang terdaftar pada program kesetaraan paket C di SPNF SKB Kota Solok yang berjumlah 31 orang, sedangkan sampel diambil 80% dengan teknik stratified random sampling yang berjumlah 25 orang.Teknik pengumpulan data menggunakan angket (pemyataan tertulis), sedangkan untuk analisis data menggunakan rumus persentase dan rumus Spearmen Rho. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) gambaran konsep diri peserta didik program kesetaraan paket C di SPNF SKB Kota Solok dalam mata pelajaran ekonomi masih tergolong rendah 2) Hasil belajar peserta didik dalam pada mata pelajaran ekonomi paket C di SPNF SKB Kota Solok tergolong rendah. Hal ini terbukti melalui hasil belajar peserta didik yang diperoleh dengan rata-rata yang rendah . 3)Terdapat hubungan yang signifikan antara konsep diri peserta didik dengan hasil belajar mata pelajaran ekonomi Program Kesetaraan Paket C di SPNF SKB Kota Solok. Hal itu dibuktikan melalui analisi data yang telah dilaksanakan sehingga data dapat dilihat dari hasil hitung lebih besar dari rtabel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 03 Nov 2022 02:45
Last Modified: 03 Nov 2022 02:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40818

Actions (login required)

View Item View Item