Hubungan Kompetensi Instruktur dan Lingkungan Belajar dengan Motivasi Belajar Peserta Pelatihan pada UPTD Balai Latihan Kerja Kota Payakumbuh

Fitri, Gustina Masya (2022) Hubungan Kompetensi Instruktur dan Lingkungan Belajar dengan Motivasi Belajar Peserta Pelatihan pada UPTD Balai Latihan Kerja Kota Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_GUSTINA_MASYA_FITRI_18005011_2730_2022.pdf

Download (796kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh motivasi belajar yang rendah pada pelatihan yang dilakukan pada UPTD Balai Latihan kerja Kota payakumbuh, hal ini diduga adanya hubungan kompetensi instruktur dan lingkungan belajar dengan motivasi belajar peserta pelatihan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran dari kompetensi instruktur, lingkungan belajar dan motivasi belajar serta mengetahui hubungan antar kompetensi instruktur dengan motivasi belajar, lingkungan belajar dengan motivasi belajar serta mengetahui hubungan antara kompetensi instruktur dan lingkungan belajar secara simultan dengan motivasi belajar peserta pelatihan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitaif korelasional dengan tujuan untuk mengetahui gambaran kompetensi instruktur, lingkungan belajar dan motivasi belajar, serta hubungan antara kompetensi instruktur dan motivasi belajar, hubungan antara lingkungan belajar dan motivasi belajar serta hubungan antara kompetensi instruktur dan lingkungan belajar dengan motivasi belajar peserta pelatihan pada UPTD Balai Latihan Kerja Kota Payakumbuh. Teknik pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik regresi sederhana dan regresi berganda yang di olah melalui SPSS versi 22 for windows. Dengan populasi berjumlah 32 orang dengan sampel menggunakan seluruh populasi sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: ( 1) Kompetensi instruktur dikategorikan cukup baik, (2) Lingkungan belajar dikategorikan kurang baik, (3) Motivasi belajar dikategorikan cukup baik, (4) adanya hubungan yang signifikan antara kompetensi instruktur dengan motivasi belajar, (5) adanya hubungan yang signifikan antara lingkungan belajar dengan motivasi belajar, (6) Adanya hubungan yang signifikan antara kompetensi instruktur dan lingkungan belajar dengan motivasi belajar peserta pelatihan di UPTD BLK Payakumbuh. disarankan kepada: ( 1) instruktur pelatihan agar senantiasa meningkatkan kompetensi kepribadian instruktur dan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, dan (2) peneliti selanjutnya untuk dapat mengidentifikasi karakteristik atau variabel lain yang berhubungan dengan motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 03 Nov 2022 02:45
Last Modified: 03 Nov 2022 02:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40815

Actions (login required)

View Item View Item