Penggunaan Media Belajar Flashcard Terhadap Kemampuan Berbahasa Peserta Pelatihan Bahasa Jepang Di LPK Yaruki Padang

Handayani, Dian Febi (2022) Penggunaan Media Belajar Flashcard Terhadap Kemampuan Berbahasa Peserta Pelatihan Bahasa Jepang Di LPK Yaruki Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_DIAN_FEBI_HANDAYANI_17005154_2550_2022.pdf

Download (708kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya tingkat kelulusan peserta pelatihan dalam pencapaian kemampuan berbahasa setiap tahunnya di LPK Yaruki Padang. Hal ini diduga karena minimnya penggunaan media belajar. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) melihat gambaran kemampuan berbahasa menggunakan media belajar Flashcard terhadap kemampuan berbahasa peserta pelatihan bahasa Jepang di Lembaga Pelatihan Kerja Yaruki Padang, 2) melihat gambaran kemampuan berbahasa peserta pelatihan bahasa Jepang di Lembaga Pelatihan Kerja Yaruki Padang, 3) melihat pengaruh media belajar flashcard terhadap kemampuan berbahasa peserta pelatihan bahasa Jepang di Lembaga Pelatihan Kerja Yaruki Padang. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif jenis eksperimen yang bertujuan melihat pengaruh media belajar flashcard terhadap kemampuan berbahasa peserta pelatihan bahasa Jepang. Populasi penelitian ialah peserta pelatihan bahasa Jepang yang aktif belajar di Lembaga Pelatihan Kerja Yaruki Padang yang berjumlah sebanyak 30 orang , teknik dalam pengambilan sampel adalah Total Sampling dan diambil yaitu 30 orang. Metode pengumpulan data tes kemampuan tertulis dalam bentuk pretest dan posttest., teknik analisis data menggunakan rumus persentase dan untuk uji hipotesa menggunakan rumus T­ test. Hasil penelitian membuktikan bahwa: 1) kemampuan berbahasa peserta pelatihan pada bagian pre test atau sebelum diberikan perlakuan dengan penggunaan media belajar flashcard memperoleh hasil yang rendah; 2) kemampuan berbahasa peserta pelatihan pada bagian post test atau sesudah diberikan perlakuan dengan penggunaan media belajar flashcard mengalami peningkatan nilai dari sebelum diberikan perlakuan dan dikategorkan sangat baik, dan; 3) terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media belajar flashcard terhadap kemampuan berbahasa peserta pelatihan bahasa j epang di LPK Yaruki Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 02 Nov 2022 02:42
Last Modified: 02 Nov 2022 02:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40813

Actions (login required)

View Item View Item