Hubungan antara Keaktifan Warga Belajar dengan hasil Belajar pada Mata Pelajaran Matematika Program Paket B di PKBM Tuah Sepakat Nagari Tanjung

Andra, Cici Sridestiva (2022) Hubungan antara Keaktifan Warga Belajar dengan hasil Belajar pada Mata Pelajaran Matematika Program Paket B di PKBM Tuah Sepakat Nagari Tanjung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_CICI_SRIDESTIVA_ANDRA_17005063_870_2022.pdf

Download (646kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar waarga belajar program paket B di PKBM Tuah Sepakat Nagari Tanjung. yang diduga disebebkan oleh kurangnya keaktifan warga belajar selama proses pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini yaitu untuk: 1) mengetahui gambaran keaktifan warga belajar di PKBM Tuah Sepakat Nagari Tanjung, 2) mengetahui gambaran hasil belajar warga belajardalam mata pelajaran matematika di PKBM Tuah Sepakat Nagari Tanjung, dan 3) untuk mengetahui hubungan antara keaktifan warga belajar dengan hasil belajar pada mata pelajaran matematika program paket B di PKBM Tuah Sepakat Nagari Tanjung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Penelitian ini dilakukan pada mata pelajaran matematika tahun 2020/2021. Populasi dalam penelitian ini adalah warga belajar program paket B di PKBM Tuah Sepakat Nagari Tanjung yang berjumlah 70 orang terbagi menjadi tiga rombongan belajar. Sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 30 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Stratified Random Sampling. Teknik mengumplkan data menggunakan angket. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan rumus persentase dan rumus product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) keaktifan warga belajar di PKBM Tuah Sepakat Nagari Tanjung masih rendah, 2) hasil belajar warga belajar pada mata pelajaran matematika di PKBM Tuah Sepakat Nagari Tanjung masih rendah, dan 3) terdapat hubungan yang signifikan antara keaktifan warga belajar dengan hasil belajar pada mata pelajaran matematika program paket B di PKBM Tuah Sepakat Nagari Tanjung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 02 Nov 2022 02:41
Last Modified: 02 Nov 2022 02:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40810

Actions (login required)

View Item View Item