Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Powtoon Kelas V SD Muatan Terpadu Ilmu Pengetahuan Sosial

Gustin, Nuriawana (2022) Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Powtoon Kelas V SD Muatan Terpadu Ilmu Pengetahuan Sosial. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_NURIAWANA_GUSTIN_17004063_1604_2022.pdf

Download (733kB) | Preview

Abstract

Pengembangan media video animasi pembelajaran berbasis Powtoon ini dilakukan sebagai upaya untuk memecahkan masalah minat belajar siswa, dimana tingkat kemandirian siswa dalam belajar masih rendah karena siswa cenderung mengharapkan penjelasan materi dari guru, sehingga siswa tidak dapat sepenuhnya memahami pembelajaran yang bersumber dari LKS dan buku pelajaran tanpa dibimbing oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media video animasi pembelajaran berbasis Powtoon pada pembelajaran tematik kelas V SD muatan terpadu IPS yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model yang dikemukakan oleh Borg dan Gall.Penelitian ini dikembangkan melalui 10 tahap yang disederhanakan menjadi 8 tahap sesuai kebutuhan peneliti yaitu: 1) Potensi dan Masalah, 2) Pengumpulan Data/Informasi, 3) Desain Produk, 4) Validasi Desain, 5) Revisi desain 6) Uji Coba Produk, 7) Revisi Produk, dan 8) Produksi Massal. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif untuk mengetahui kualitas produk. Model penelitian pengembangan adalah model prosedural dengan subjek penelitian 3 orang responden, yang terdiri dari 2 orang validator ahli media dan lorang validator materi pembelajaran, yakni 2 orang dosen dosen Universitas Negeri Padang dan 1 orang guru kelas V SD Negeri 10 Tarung-Tarung Utara. Sampel penelitian adalah 25 orang siswa kelas V SD Negeri 10 Tarung-Tarung Uatara dalam uji praktikalitas produk yang dikembangkan. Hasil uji validitas produk untuk aspek media berada pada kategori "Sangat Baik" yaitu diperoleh nilai sebesar 4,71 dengan persentase 94% dan untuk aspek materi berada pada kategori "Sangat Baik" dengan nilai yang diperoleh sebesar 4, 73 dengan persentase 95%. Selanjutnya hasil analisis berdasarkan uji coba produk media video animasi pembelajaran berbasis Powtoon berada pada kategori "Sangat Praktis" dengan persentase 95%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan valid dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 02 Nov 2022 02:01
Last Modified: 02 Nov 2022 02:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40803

Actions (login required)

View Item View Item