Pengembangan Media Animasi Menggunakan Aplikasi Blender 2. 79 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bodi Pekerti Kelas VIII SMP

Masrawani, Masrawani (2022) Pengembangan Media Animasi Menggunakan Aplikasi Blender 2. 79 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bodi Pekerti Kelas VIII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_MASRAWANI_16004114_1183_2022.pdf

Download (752kB) | Preview

Abstract

Guru merupakan salah satu faktor yang penting dalam memilih keberhasilan pendidikan.Guru dituntutharus mampu menghasilkanmedia pembelajaranguna untuk membantu proses pembelajaran.Penelitian ini bertujuan untuk mengahsilkanproduk media pembelajaran yang dapat digunakan. Media animasi dengan menggunakan aplikasiBlender 2. 79 untuk mata pelajaranPendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yang valid sehinggalayak digunakanuntuk proses pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian (Research and Development/R&D). Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dimana terdapat beberapa tahap yaitu : (1) melakukan analisis kebutuhan, (2) desigen yaitu menentukan metode bahan ajar yang akan dibuar, (3) development memproduksi atau mendisain, (4) mengevaluasi hasil belajar. Uji validitas produk dilakukan tiga orang yaitu validator ahli media dua orang yaitu dosen jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan dan ahli materi satu orang yaitu guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Uji coba produk dilakukan kepada 30 siswa kelas VIII SMPN 40 Kota Padang. Instrument yang digunakan yaitu berupa angket pemyataan dan dokumentasi, data dianalisis secara kuantitatif guna untuk mengetahui kualitas media yang dibuat yaitu media animasi menggunakan aplikasi Blender 2.79 yang dikembangkan, kemudian data berupa komentar dan saran dianalisis secara kualitatif. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa media animasi menggunakan aplikasi Blender 2.79 untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yang dikembangkan diperoleh nilai yang sangat layak dan dikategorikan valid skor 4,73 yang diperleh nilai dari validator media satu, dan skor 4,93 diperoleh dari validator media dua, nilai yang diperoleh dari validator materi yaitu 4,93 di ketegorikan valid dan layak digunakan, kemudian nilai kepraktisan yang diperoleh dari siswa kelas VIII SMP 40 yaitu 4,35 dengan kategori praktis. Dapat disimpulkan media animasi menggunakan aplikasi Blender 2.79 layak digunakan untuk mendukung proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 02 Nov 2022 02:01
Last Modified: 02 Nov 2022 02:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40802

Actions (login required)

View Item View Item