Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Menggunakan Aplikasi Camtasia Studio Pada Matakuliah Teknik Animasi

Azhar, Andika Syaiful (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Menggunakan Aplikasi Camtasia Studio Pada Matakuliah Teknik Animasi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_ANDIKA_SYAIFUL_AZHAR_16004089_2145_2022.pdf

Download (701kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang terjadi pada matakuliah Teknik Animasi yakni karena kurangnya waktu belajar untuk kegiatan praktek di Laboratorium Komputer dengan jumlah mahasiswa lebih kurang 30 orang sehingga untuk layanan bimbingan dari dosen cukup terbatas untuk membimbing mahasiswa dalam pelaksanaan praktek. Pengembangan media video tutorial ini dapat menjadi kebutuhan mahasiswa dalam proses pembelajaran untuk membangun ketertarikan dan minat mahasiswa terhadap materi yang diajarkan oleh dosen. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media video tutorial menggunakan aplikasi Camtasia Studio pada matakuliah Teknik Animasi jurusan Kurukulum dan Teknologi Pendidikan UNP. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dikenal dengan istilah Research and Development (R&D). Penelitian ini menggunakan model pengembangan yang dikemukakan oleh Borg and Gall. Tahap model ini telah disederhanakan sesuai dengan kebutuhan penelitian mulai dari melakukan perencanaan, pengembangan produk awal, melakukan validasi produk, melakukan uji coba terbatas, revisi produk dan diperoleh hasil akhir berupa media video tutorial. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, format penilaian validitas oleh ahli materi dan ahli media dan angket persepsi subj ek terhadap penggunaan media video tutorial Hasil uji validitas produk oleh 3 validator yaitu 1 orang validator ahli materi dan 2 orang validator ahli media. Hasil uji validitas produk untuk aspek materi berada pada kategori "sangat valid" dengan nilai yang diperoleh validator sebesar 4,93, untuk aspek media berada dikategori "sangat valid" dengan nilai yang diperoleh validator I sebesar 4,9 dan validator II sebesar 4,81. Selanjutnya, uji coba kepraktisan produk berada pada kategori "sangat praktis" dengan nilai yang diperoleh sebesar 4,53. Dengan demikian hasil pengembangan media video tutorial layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 02 Nov 2022 02:01
Last Modified: 02 Nov 2022 02:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40799

Actions (login required)

View Item View Item