Meningkatkan Keterampilan Menghias Sandal Dengan Mutiara Sintesis Melalui Teknik Modelling Berbasis Analisis Tugas Bagi Peserta Didik Tunagrahita Ringan di Kelas VIII SLB Bina Bangsa

Monica, Vivi (2022) Meningkatkan Keterampilan Menghias Sandal Dengan Mutiara Sintesis Melalui Teknik Modelling Berbasis Analisis Tugas Bagi Peserta Didik Tunagrahita Ringan di Kelas VIII SLB Bina Bangsa. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_VIVI_MONICA_17003159_17003159_913_2022.pdf

Download (568kB) | Preview

Abstract

Kajian ini membahas tentang cara untuk meningkatkan keterampilan menghias sandal dengan mutiara sintesis bagi peserta didik tunagrahita ringan melalui teknik modelling berbasis analisis tugas. Jenis penelitian yang dipakai yaitu penelitian tindakan kelas. Tempat dilakukan penelitian ini pada kelas VIII Sekolah Luar Biasa Bina Bangsa. Masalah yang mendasar dilaksanakan penelitian ini adalah di kelas VIII Sekolah Luar Biasa Bina Bangsa, pemah diterapkan pembelajaran tentang proses menghias sandal dengan mutiara sintesis, tetapi terdapat beberapa peserta yang memppunyai nilai dibawah rata-rata yaitu dibawah ketuntasan KKM yaitu 70 dikarenakan mereka belum terampil dalam menghias sandal dengan mutiara sintesis tersebut. Penelitian tindakan kelas akan dilakukankan melalui dua siklus, pada tiap siklus terdiri dari rancangan, pelaksanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu observasi, dokumentasi, dan tes perbuatan. Berikut hasil yang didapat peserta didik yang dilakukan 2 siklus yaitu nilai DN pada siklus I adalah 68% dan pada siklus II mendapatkan nilai sebesar 90%. Peserta didik BG memperoleh nilai pada siklus I sebesar 60% dan pada siklus II 87%.Berdasarkan dari data tersebut, kesimpulan dari keterampilan menghias sandal dengan mutiara sintesis mengalami peningkatan yang signifikan melalui teknik modelling berbasis analisis tugas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 02 Nov 2022 01:44
Last Modified: 02 Nov 2022 01:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40795

Actions (login required)

View Item View Item