Hubungan Supervisi Akademik Dengan Kompetensi Pedagogik Guru Pada SMK Negeri 2 Padang

Wulandari, Fitri (2022) Hubungan Supervisi Akademik Dengan Kompetensi Pedagogik Guru Pada SMK Negeri 2 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_FITRI_WULANDARI_17002015_433_2022.pdf

Download (873kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan mengenai hubungan supervisi akademik dengan kompetensi pedagogik guru pada SMK Negeri 2 Padang yang menunjukkan bahwa supervisi akademik oleh kepala sekolah belum berjalan dengan semestinya dan kompetensi pedagogik guru masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan data dan informasi mengenai (1) Bagaimana supervisi akademik oleh kepala sekolah pada SMK Negeri 2 Padang. (2) Bagaimana kompetensi pedagogik guru pada SMK Negeri 2 Padang. (3) Bagaimana hubungan supervisi akademik oleh kepala sekolah dengan kompetensi pedagogik guru pada SMK Negeri 2 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Populasi berjumlah 101 orang guru dan sampel ditentukan dengan menggunakan rumus slovin dengan tingkat kesalahan 5% dengan teknik Proportionate Stratified Random Sampling memperoleh 80 orang guru. Instrumen Penelitian menggunakan angket dengan skala likert yang memiliki 5 alternatif jawaban yaitu SL = Selalu, SR = Sering, KD =Kadang-Kadang JR = Jarang, TP = Tidak Pernah. Sebelum angket tersebut digunakan sebelumnya sudah dilakukan uji coba untuk mengetahui validitas dan reliabilitasnya. Data dilakukan dengan penyebaran langsung kepada guru – guru yang ada di SMK Negeri 2 Padang. Data yang didapatkan diolah dengan analisis regresi linear untuk mengetahui hubungan dari kedua variabel tersebut. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru pada SMK Negeri 2 Padang berada pada kategori cukup yaitu 75,25%. Supervisi akademik oleh kepala sekolah di SMK Negeri 2 Padang berada pada kategori cukup yaitu 72,25%. Terdapat hubungan yang signifikan antara supervisiak ademik oleh kepala sekolah dengan kompetensi pedagogik guru pada SMK Negeri 2 Padang yaitur_hitung 0,224besardari〖 r〗_tabel 0,220 pada taraf kepercayaan 95%. Pada keberartian korelasi terdapat hubungan yang signifikan antara supervisi akademik oleh kepala sekolah dengan kompetensi pedagogik guru yaitut_hitung2, 0766besardarit_tabel 2,000 dengan taraf kepercayaan 95%. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa supervisi akademik oleh kepala sekolah memiliki hubungan yang signifikan dengan kompetensi pedagogik pada SMK Negeri 2 Padang. Artinya bahwa supervisi akademik oleh kepala sekolah merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kompetensi pedagogik guru pada SMK Negeri 2 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 02 Nov 2022 01:19
Last Modified: 02 Nov 2022 01:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40788

Actions (login required)

View Item View Item