Pengembangan Bahan Ajar Digital Menggunakan Aplikasi Book Creator pada Pembelajaran Tematik Terpadudi Kelas IV SDN 12 Air Sikambing Kabupaten Pesisir Selatan

Fikrah, Zakiyatul (2022) Pengembangan Bahan Ajar Digital Menggunakan Aplikasi Book Creator pada Pembelajaran Tematik Terpadudi Kelas IV SDN 12 Air Sikambing Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_ZAKIYATUL_FIKRAH_18129338_3724_2022.pdf

Download (741kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh mmunnya sumber belajar yang tersedia di sekolah serta sumber belajar yang kurang menarik. Sumber belajar masih dalam konteks cetak hanya memuat tulisan saja, sehingga ketertarikan siswa menjadi berkurang dalam belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar digital menggunakan aplikasi book creator pada pembelajaran tematik terpadu pada kelas IV SDN 12 Air Sikambing Kabupaten Pesisir Selatan yang teruji valid dan praktis. J enis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) dengan model pengembangan 40. Terdiri dari empat tahap yaitu: Pendefenisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Develop), dan Penyebaran (Disseminate). Penelitian ini dilakukan di SDN 12 Air Sikambing Kabupaten Pesisir Selatan. Bahan ajar yang dirancang divalidasi oleh validator menggunakan lembar validasi berupa angket. Validasi produk terdiri dari ahli materi, ahli media dan ahli bahasa. Kemudian diujicobakan di kelas IV SDN 12 Air Sikambing Kabupaten Pesisir Selatan untuk mengetahui praktikalitas bahan ajar digital yang dikembangkan. Hasil penelitian yang dikembangkan, diperoleh hasil tingkat validitas bahan ajar digital menggunakan Book Creator pada pembelajaran tematik terpadu dengan jumlah keseluruhan nilai validasi 93,71 % dengan kategori sangat valid. Selanjutnya hasil uji coba melihat praktikalitas bahan ajar dinyatakan sangat praktis. Hal ini terlihat dari respon guru dan hasil respon peserta didik. Dimana angket resp on guru mendapat nilai 94 % dengan kategori sangat praktis dan angket respon peserta didik dari 25 peserta didik mendapat nilai 96,2% dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian,dapat disimpulkan bahwa Bahan Ajar Digital Menggunakan Aplikasi Book Creator Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas SDN 12 Air Sikambing Kabupaten Pesisir Selatan telah dinyatakan sangat valid dan sangat praktis digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 02 Nov 2022 01:19
Last Modified: 02 Nov 2022 01:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40787

Actions (login required)

View Item View Item