Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SD Negeri 26 Air Tawar Timur Kota Padang

Idanta, Zikri Putra (2022) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SD Negeri 26 Air Tawar Timur Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_Zikr_ putra_idanta_18129044_3906_2022.pdf

Download (781kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di lapangan yang menunjukan rendahnya keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran tematik terpadu. Hal ini dikarenakan dalam pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah, serta guru kurang maksimal dalam mengoptimalkan pelaksanaan pada pembelajaran kelompok, sehingga hal tersebut berdampak pada hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk medeskripsikan Peningkatan Hasil Belahar Peserta Didik Menggunakan Model Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas IV SD Negeri 26 Air Tawar Timur kota Padang. Jenis penilitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan tiga kali pertemuan meliputi empat tahap yaitu perencanan, pelaksanaan, pengamatan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan semester II tahun ajaran 2021/2022. Subjek dalam penelitian adalah guru dan peserta didik dengan jumlah 16 orang yang terdiri dari 7 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain, observasi, tes dan non tes sedangkan instrument penelitian terdiri atas lembar pengamatan RPP, lembar pengamatan aspek guru dan peserta didik serta lembar tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukan peningkatan RPP siklus I rata-rata 81,94% dengan kualifikasi Baik (B), meningkat pada siklus II 97,22% dengan kualifikasi Sangat Baik (SB). Peningkatan aspek guru pada siklus I memperoleh rata -rata 87 ,49% dengan kualifikasi Baik (B), meningkat pada siklus II 95,83% dengan kualifikasi Sangat Baik (SB). Peningkatan aspek peserta didik pada siklus I memperoleh rata-rata 89,58% dengan kualifkasi Baik (B), meningkat pada siklus II 95,83% dengan kualifikasi Sangat Baik (SB). Hasil belajar peserta didik siklus I memperoleh rata-rata 83,06% meningkatkan pada siklus II yaitu 93,37%. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 02 Nov 2022 01:19
Last Modified: 02 Nov 2022 01:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40786

Actions (login required)

View Item View Item