Pelaksanaan Seni Lukis Mencap dengan Bahan Alam untuk Meningkatkan Kreativitas di Taman Kanak-Kanak Kartika 1-69 Muaro Sijunjung

Pitri, Yungsi Aini Wulan (2022) Pelaksanaan Seni Lukis Mencap dengan Bahan Alam untuk Meningkatkan Kreativitas di Taman Kanak-Kanak Kartika 1-69 Muaro Sijunjung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_YUNGSI_AINI_WULANPITRI_17022110_2676_2022.pdf

Download (661kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi setiap minggunya di TK mengadakan pelaksanaan seni lukis mencap dengan berbagai macam bahan alam sehingga kegiatan tersebut menarik minat anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang pelaksanaan seni lukis mencap dengan bahan alam untuk meningkatkan kreativitas di Taman Kanak-kanak Kartika 1-69 Muaro Sijunjung. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Untuk melihat bagaimana pelaksanaan seni lukis mencap dengan bahan alam untuk meningkatkan kreativitas yang dimiliki oleh TK Kartika 1-69 Sijunjung. Subyek penelitian adalah anak-anak kelas B2 TK Kartika 1-69 Sijunjung. Informan penelitian adalah kepala sekolah dan guru TK Kartika 1-69 Sijunjung. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data mengikuti langkah Miles dan Huberman yaitu 1) pengumpulan data, 2) redukasi data, 3) penyajian data, 4) verifikasi. Sedangkan teknik pengabsahan data digunakan berupa teknik triangulasi. Hasil penelitian ini secara umum menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan seni lukis mencap dengan bahan alam untuk meningkatkan kreativitas di TK kartika 1-69 Sijunjung guru telah mempersiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH). Kegiatan yang dilakukan setiap minggunya sudah dilakukan sesuai dengan yang telah direncanakan, kegiatan yang dilakukan diantaranya mencap dengan berbagai bahan alam (pelepah pisang dan pepaya, berbagai macam bunga, wortel, buncis, kentang, bawang prei, belimbing wulu). Selanjutnya setelah anak melakukan kegiatan guru akan melakukan evaluasi dengan cara observasi dan penilaian harian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 02 Nov 2022 01:19
Last Modified: 02 Nov 2022 01:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40785

Actions (login required)

View Item View Item