Kandungan Nilai-nilai Pendidikan Islam Berbasis Multikultural dalam Film Upin dan Ipin Episode Pengalaman Puasa, Gong Xi Fa Cai dan Deepavali (Pendekatan Semiotika)

Siregar, Yusnil Khoiriah (2022) Kandungan Nilai-nilai Pendidikan Islam Berbasis Multikultural dalam Film Upin dan Ipin Episode Pengalaman Puasa, Gong Xi Fa Cai dan Deepavali (Pendekatan Semiotika). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_YUSNIL_KHOIRIAH_SIREGAR_18329227_3695_2022.pdf

Download (782kB) | Preview

Abstract

Pendidikan Islam berbasis multikultural adalah sebuah pendidikan yang berorientasi pada persoalan dinamika masyarakat dan berorientasi pada realita permasalahan yang dihadapi oleh umat manusia secara keseluruhan terutama masyarakat Islam dalam berinteraksi secara sosial antar agama, intinya adalah pembelajaran agama Islam yang dikaitkan dengan keragaman. Film Upin dan Ipin dapat dijadikan sebuah media untuk menanamkan nilai pendidikan Islam berbasis multikultural. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kandungan nilai-nilai pendidikan Islam berbasis multikultural yang ada dalam film Upin dan Ipin episode pengalaman puasa, Gong Xi Fa Cai, dan Deepavali. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis pendekatan yakni analisis isi (content analysis). Pada penelitian ini juga menggunakan pendekatan semiotika untuk menganalisis data. Teknik analisis semiotika yakni meliputi tanda-tanda visual dan verbal yang membentuk sebuah kode yang sistematis dalam menyampaikan pesan pada perilaku manusia. Analisis semiotika ini menggunakan model Roland Barthes yakni denotasi dan konotasi. Dari hasil temuan penelitian terdapat lima nilai pendidikan Islam berbasis multikultural yakni i) nilai toleransi seperti menghargai, menghormati dan menjaga silaturahmi serta berkunjung meski berbeda agama dan etnis, ii) nilai pluralisme seperi mengajarkan menghormati dan menerima di setiap perbedaan tanpa mempertajam pengajaran satu sama lain, iii) nilai kesetaraan seperti mengajarkan untuk menyeratakan setiap orang walaupun berbeda etnis, gender ataupun agama, iv) nilai humanisme seperti mengajarkan tentang sikap saling tolong menolong dan memberikan apapun yang dibutuhkan antar beda agama dan etnis. dan v) nilai demokrasi dan keadilan seperti mengajarkan untuk tidak membedakan dan tidak memandang agama dan latar belakang serta berlaku adil untuk tetap menerima orang lain bersilaturahmi di hari raya besar. Episode pengalaman puasa memiliki dua nilai, dalam episode Gong Xi Fa Cai ada lima nilai sedangkan episode Deepavali memiliki empat nilai. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan ini dapat memberikan manfaat kepada pembaca ataupun peneliti yang ingin meneliti sesuai dengan penelitian ini agar menjadi pedoman dalam penelitian sebelumnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 02 Nov 2022 01:19
Last Modified: 02 Nov 2022 01:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40784

Actions (login required)

View Item View Item