Pengaruh Aglomerasi, Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), Ketimpangan Pendidikan dan Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Ketimpangan Pendapatan di Indonesia

Muslimah, Hanifa (2021) Pengaruh Aglomerasi, Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), Ketimpangan Pendidikan dan Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Ketimpangan Pendapatan di Indonesia. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_8_HANIFA_MUSLIMAH_17060018_5232_2021.pdf

Download (341kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: (1) Pengaruh aglomerasi terhadap ketimpangan pendapatan di Indonesia, (2) Pengaruh kualitas sumber daya manusia (SDM) terhadap ketimpangan pendapatan di Indonesia, (3) Pengaruh ketimpangan pendidikan terhadap ketimpangan Pendapatan di Indonesia, dan (4) Pengaruh pertumbuhan ekonomi terhadap ketimpangan pendapatan di Indonesia. Penelitian ini bersifat deskriptif dan asosiatif yaitu penelitian yang mendeskripsikan variabel penelitian dan menemukan ada tidaknya pengaruh antara variabel bebas dan variabel terikat. Jenis data dalam penelitian ini adalah data panel provinsi di Indonesia dari tahun 2011-2018 dengan teknik pengumpulan data dokumentasi. Teknik analisis data, yaitu analisis deskriptif dan induktif. Analisis induktif mencakup: (1) Uji t dan (2) Uji F dengan taraf nyata 5%. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Analisis Regresi Panel. Hasil penelitian ini adalah (1) Aglomerasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap ketimpangan pendapatan di Indonesia,(2) Kualitas sumber daya manusia (SDM) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap ketimpangan pendapatan di Indonesia, (3) Ketimpangan pendidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap ketimpangan pendapatan (4) Pertumbuhan ekonomi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap ketimpangan pendapatan di Indonesia Demikian secara secara bersama-sama (simultan) aglomerasi, kualitas sumber daya manusia (SDM), ketimpangan Pendidikan dan pertumbuhan ekonomi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap ketimpangan pendapatan di Indonesia. Diharapkan kepada pemerintah untuk dapat mengevaluasi serta dapat mengkaji kembali terhadap apa yang menjadi masalah ketimpangan pendapatan yang terjadi pada daerah atau provinsi yang berada diseluruh Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 01 Nov 2022 07:10
Last Modified: 01 Nov 2022 07:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40781

Actions (login required)

View Item View Item