Hubungan Dukungan Sosial Orangtua dengan Self Direction dalam Belajar di Era New Normal di SMAN 1 Lembah Gumanti

Endriani, Yola (2022) Hubungan Dukungan Sosial Orangtua dengan Self Direction dalam Belajar di Era New Normal di SMAN 1 Lembah Gumanti. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_YOLA_ENDRIANI_18006147_3425_2022.pdf

Download (698kB) | Preview

Abstract

Pembelaj aran yang dilakukan di masa new normal menerapkan sistem campuran yaitu daring dan tatap muka, adanya perubahan sistem pembelajaran yang awalnya dilakukan secara tatap muka kemudian daring dan selanjutnya dilakukan sistem campuran menyebabkan adanya permasalahan yang dialami oleh siswa yaitu kurangnya pemahaman siswa dalam belajar dan siswa tidak tau arah tujuannya dalam belajar. Hal ini bisa terjadi karena kurangnya pengarahan diri siswa atau self direction dalam belajar. Kondisi ini diduga disebabkan oleh keterbatasan dukungan sosial yang diberikan oleh orangtua. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: ( 1) gambaran dukungan sosial orangtua siswa, (2) self direction siswa dalam belajar, (3) hubungan dukungan sosial orangtua dengan self direction siswa dalam belajar di era new normal. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif korelasional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 413 orang siswa yang terdaftar pada tahun ajaran 2021/2022 dengan sampel sebanyak 217 orang, yang dipilih dengan teknik Stratified Random Sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dukungan sosial orangtua dan angket self direction siswa dalam belajar model ska/a likert. Data diolah menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan untuk menguji hubungan data dianalis menggunakan rumus pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat dukungan sosial orangtua siswa berada pada kategori rendah dengan persentase 35,5%, (2) tingkat self direction siswa dalam belajar berada pada kategori rendah dengan persentase 33,6%, (3) terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan sosial orangtua dengan self direction siswa dalam belaj ar di era new normal dengan besar korelasi 0,763 yang berada pada kategori kuat dan signifikansi 0,000.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 01 Nov 2022 03:12
Last Modified: 01 Nov 2022 03:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40772

Actions (login required)

View Item View Item