Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV Gugus I Kecamatan Pondok Tinggi Kota Sungai Penuh

Ilhami, Weni Amelia (2022) Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV Gugus I Kecamatan Pondok Tinggi Kota Sungai Penuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_WENI_AMELIA_ILHAMI_18129329_3711_2022.pdf

Download (725kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik yang tidak maksimal pada pembelajaran tematik terpadu. Hal ini dikarenakan dalam pelaksanaanya,peserta didik kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran dan peserta didik belum menampakan sikap bekerja sama didalam kelompok sehingga pengetahuan peserta didik kurang berkembang. Selain itu, guru masih menggunakan metode konvensional. Pembelajaran yang seperti ini tentu berdampak terhadap peserta didik yang merasa bosan dalam pembelajaran tematik terpadu sehingga tujuan pembelajaran tidak tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitianya adalah quasi ekperiment. Penelitian ini dilakukan di SDN 06 Aur Duri dan SDN 19 Sungai Jernih. Pengambilan data sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel pemgambilan ini berjumlah 19 orang. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data berupa tes objektif dalam bentuk pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji statistik inferensial dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan model Discovery Learning terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu. Hal ini dibuktikan hasil t-test pada taraf nyata a = 0,05 dan dk = 17 diperoleh thitung (2,635) > ttabel (2, 107). Hasil ini menujukan hasil belajar pada pembelajaran tematik terpadu kedua kelas berbeda secara signifikan. Nilai rata-rata kelas eksperimen yang menerapkan model Discovery Learning adalah 82,00 lebih tinggi dari rata-rata kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran konvensional adalah 68,77. Dapat disimpulkan bahwa model Discovery Learning berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 01 Nov 2022 03:12
Last Modified: 01 Nov 2022 03:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40771

Actions (login required)

View Item View Item