Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas V SD Negeri 17 Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya

Afriyanti, Yelni (2022) Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas V SD Negeri 17 Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_YELNI_AFRIYANTI_18129334_3516_2022.pdf

Download (653kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran merupakan proses dalam pendidikan yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk memperbaiki dan mengarahkan kemampuan yang dimiliki peserta didik dalam hal sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Proses pernbelajaran yang ideal adalah proses yang di dalamnya terdapat kegiatan interaksi antara peserta didik dengan guru dan komunikasi timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif Yang menghadapkan peserta didik pada masalah nyata dalam kehidupan dan rnampu menemukan solusi sendiri pada masalah tersebut. Kenyataan yang ditemukan dilapangan peserta didik tidak di hadapkan pada rnasalah nyata dalam kehidupan sehingga peserta didik tidak mampu berfikir secara kritis. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengarnatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V dengan jumlah 16 orang. Hasil penelitian menunjukan peningkatan proses pembelajaran tematik terpadu dari siklus I ke siklus II. Hasil pengarnatan (RPP) pada siklus I memperoleh skor rata-rata 84,72% (B), dan pada siklus II meningkat menjadi 97 ,22% (SB). Pada hasil pengamatan pelaksanaan pembelajaran, untuk aktivitas guru pada siklus I memperoleh skor rata-rata 91,07% (SB) dan pada siklus II meningkat menjadi 96,42% (SB). Pada hasil pengarnatan aktivitas peserta didik pada siklus I memperoleh skor rata-rata 91,07% (SB) dan pada siklus II meningkat menjadi 96,42% (SB). Dengan ini dapat disimpulkan bahwa model pernbelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan proses pernbelajaran ternatik terpadu pada terna 6 di kelas V SD N egeri 1 7 Pulau Punjung Kabupaten Dharrnasraya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 01 Nov 2022 03:12
Last Modified: 01 Nov 2022 03:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/40770

Actions (login required)

View Item View Item